Apa Itu Sektor Logam dan Pertambangan?

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

13 Mei 2024, 08.44

Sumber: pexels.com

Sektor logam dan pertambangan adalah industri yang didedikasikan untuk lokasi dan ekstraksi cadangan logam dan mineral di seluruh dunia. Cadangan logam dan mineral global ditambang untuk mendapatkan keuntungan dan kemudian digunakan dalam pembuatan perhiasan, aplikasi industri, dan investasi. Sektor ini memiliki sejumlah besar perusahaan yang berlokasi di luar negeri dan beroperasi dengan pendapatan yang besar.

Logam mulia dan logam industri

Logam diklasifikasikan ke dalam dua kategori; logam mulia dan logam industri. Logam mulia meliputi emas, platinum, dan perak. Logam mulia dianggap langka dan dapat memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Logam mulia juga mendapatkan nilainya dari kegunaannya, seperti emas, yang dianggap sebagai investasi aman di masa ketidakpastian ekonomi. Beberapa logam mulia digunakan dalam proses industri dan manufaktur. Paladium, misalnya, digunakan dalam elektronik.

Logam industri dan logam dasar digunakan dalam industri konstruksi, manufaktur, dan teknologi, termasuk tembaga, aluminium, baja, dan seng. Tembaga dan baja banyak digunakan di industri manufaktur, terutama di Cina dan India. Harga tembaga diawasi dengan ketat oleh para investor karena dapat menjadi indikator pertumbuhan ekonomi. Bila harga tembaga meningkat seiring dengan permintaan, ini dapat mengindikasikan bahwa aktivitas manufaktur juga meningkat, yang dapat menyebabkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi secara global.

Aktivitas umum di sektor logam meliputi produksi logam, perdagangan logam, dan investasi logam. Mayoritas pendapatan adalah hasil langsung dari aktivitas-aktivitas ini. Logam memiliki beragam kegunaan, dan ekstraksi meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan pasar. Penggunaan untuk industri dan perhiasan meningkat seiring dengan pertumbuhan aktivitas ekonomi, sementara ekonomi yang melambat biasanya meningkatkan penggunaan logam mulia untuk tujuan investasi. Mineral juga memiliki kegunaan industri yang besar dan semakin banyak ditambang ketika permintaan ekonomi mengharuskan pertumbuhan pertambangan.

Penambangan mineral

Penambangan mineral adalah ekstraksi mineral seperti batu bara dan batu permata berharga. Batu bara adalah produk pertambangan signifikan yang diproduksi dalam jumlah besar di seluruh dunia. Mineral ini menyediakan sekitar 38% energi global dan sangat diandalkan untuk produksi listrik. Kekhawatiran lingkungan telah menyebabkan beberapa negara mengurangi produksi batu bara, namun banyak negara berkembang yang sangat bergantung pada peningkatan produksi batu bara untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Berlian, mineral yang populer untuk industri perhiasan, juga diproduksi untuk keperluan industri. Berlian digunakan untuk menghasilkan bahan abrasif yang kuat, gergaji, dan alat pemotong karena mineral ini merupakan bahan terkuat yang tersedia. Sering kali, berlian industri dibuat secara artifisial. Hal ini menjaga biaya tetap rendah dengan mengurangi kebutuhan untuk mendapatkan berlian dengan menambang. Popularitas perhiasan berlian membuat permintaan berlian tetap kuat dan mendorong penambangan berlian lebih lanjut serta pencarian cadangan baru.

Industri pertambangan

Industri pertambangan pada umumnya memiliki siklus booming dan bust yang mengikuti kondisi ekonomi global. Oleh karena itu, sektor ini bergantung pada industri lain untuk terus menemukan kegunaan baru bagi logam dan mineral dan mendukung kebutuhan pertambangan yang berkelanjutan. Penggunaan baru untuk mineral mendukung sektor pertambangan ketika kondisi ekonomi tidak mendukung untuk penggunaan investasi atau produksi perhiasan.

Beragamnya cara investor dapat membeli dan menyimpan investasi mineral telah mendukung popularitas investasi mereka dan membuat investasi mineral tersedia bagi lebih banyak anggota masyarakat melalui reksa dana dan saham logam mulia. Industri pertambangan, meskipun didukung oleh berbagai kegunaan logam mulia, menghadapi tantangan baru yang meningkatkan kesulitan dalam mengembangkan dan memperluas aktivitas pertambangan. Peraturan pemerintah, tantangan lingkungan hidup, dan isu-isu lain menambah biaya penambangan dan mempersulit operasi-operasi baru.

Disadur dari: www.investopedia.com