Apa itu Rekayasa Kualitas dan Mengapa Hal ini Penting?

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

17 Mei 2024, 07.26

sumber: pexels.com

Rekayasa kualitas berfokus pada pengenalan metodologi kualitas baru dan dampaknya di seluruh perusahaan, termasuk perubahan budaya dan prosedur. Ini adalah tentang meningkatkan proses Anda seputar cara Anda memberikan kualitas dan memengaruhi seluruh perusahaan. Meskipun rekayasa kualitas relevan untuk semua jenis pengembangan produk, di dunia kami, kami fokus pada bagaimana rekayasa kualitas dapat membantu meningkatkan eksekusi produk digital dan kualitas produk perangkat lunak organisasi Anda.

Mengapa rekayasa kualitas penting?

Penerapan metodologi dan alat Rekayasa Kualitas yang efektif dalam organisasi Anda akan meningkatkan komunikasi antara tim teknik dan manufaktur serta memastikan bahwa suara pelanggan (VOC) diintegrasikan ke dalam produk atau layanan yang baru atau yang lebih baik.

Alat rekayasa kualitas dapat meningkatkan kualitas produk digital dan mengurangi biaya melalui proses yang lebih efisien. Implementasi yang tepat akan memungkinkan Anda untuk menghasilkan produk digital berkualitas tinggi yang memenuhi atau melampaui keinginan pelanggan Anda, yang akan berdampak besar pada keuntungan Anda.

Sebagai Chief Strategy Officer di Digivante, saya telah bekerja sama dengan tim saya yang terdiri dari para ahli di bidangnya yang berpengalaman untuk mengidentifikasi prinsip-prinsip inti berikut ini untuk membantu penyampaian kualitas di tingkat perusahaan.

Prinsip-prinsip inti rekayasa kualitas

Meskipun prinsip-prinsip inti ini merangkum keyakinan kami, prinsip-prinsip ini tidak bersifat preskriptif. Tuntutan dari setiap proyek, rangkaian teknologi, domain, dan tim memerlukan penyesuaian untuk mengatasi tantangan unik dari situasi individu secara tepat. Prinsip-prinsip inti ini menggambarkan preferensi tetapi menawarkan fleksibilitas bagi para praktisi untuk mengimplementasikan proses dan pendekatan yang diperlukan. Hal mendasar yang perlu diperhatikan adalah bahwa untuk mewujudkan prinsip-prinsip ini membutuhkan kolaborasi dari seluruh tim. Kualitas dipengaruhi oleh semua aspek pengembangan perangkat lunak, sehingga kita tidak dapat mendefinisikan atau menjalankan strategi kualitas tanpa keterlibatan dari semua peran lain - CEO, CTO, Kepala departemen, Manajer Program, Pengembang, Pemilik Produk, dan banyak lagi.

Pendekatan kualitas adalah pendekatan tim, bukan sesuatu yang disusun dan dijalankan secara sepihak oleh Konsultan Kualitas, sehingga agar masing-masing kelompok ini dapat secara efektif menerapkan praktik-praktik yang memastikan kualitas, harus ada pemahaman bersama tentang apa arti kualitas.

Pendekatan yang tepat pada waktu yang tepat

Ada banyak solusi untuk membantu memastikan kualitas. Menerapkan solusi yang tepat pada waktu yang tepat untuk memecahkan masalah tertentu adalah kuncinya. Di Digivante, kami memiliki budaya fleksibilitas, sehingga semua layanan kami dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien kami. Kami percaya bahwa pendekatan kolaboratif antara pengujian manual, pengujian yang bersumber dari banyak orang, pengujian pengguna, dan otomatisasi adalah kunci keberhasilan. Singkatnya, kami adalah metode-agnostik yang memungkinkan kami untuk memilih pendekatan yang tepat untuk waktu yang tepat.

Kepemilikan dan pemberdayaan

Seluruh tim perangkat lunak dan setiap individu yang bekerja di dalam tim harus merasa bertanggung jawab atas kualitas hasil kerja, memahami bagaimana mereka berkontribusi terhadap kualitas tersebut, dan secara aktif dan antusias melaksanakan tanggung jawab tersebut. Membawa fokus pada kualitas dan mendorong kepemilikan hasil akan memberdayakan tim.

Karena setiap bagian dari tim dapat dipengaruhi oleh kualitas, maka sangat penting bagi setiap mitra penguji untuk memahami semua aspek pengiriman perangkat lunak dan hubungannya dengan kualitas. Konsultan kami memiliki keahlian dalam pengujian yang bersumber dari banyak orang, jaminan kualitas, proses yang gesit, otomatisasi pengujian, CI / CD, dll. Kami menggunakan keahlian ini untuk memperjuangkan, menginjili, memengaruhi, dan mengadvokasi kualitas. Bekerja sama dengan tim dan memastikan pedoman kualitas diikuti, hal ini membangun keyakinan, kepercayaan, dan anggota tim diberdayakan untuk membuat keputusan, mengurangi hambatan terhadap kesuksesan mereka dan oleh karena itu meningkatkan kesuksesan seluruh tim.

Perubahan kecil menghasilkan keuntungan besar

Meskipun mengaudit dan mempertanyakan setiap proses di seluruh tim akan mengarah pada perombakan proses yang besar, beberapa perubahan akan lebih halus sehingga lebih mudah dan lebih cepat diterapkan. Perubahan-perubahan inilah yang akan memberikan manfaat paling awal dan membantu membangun keyakinan dan kepercayaan di dalam tim. Perubahan kecil ini akan sangat membantu perubahan budaya dan penerimaan.

Dengan menggunakan Continuous Delivery Maturity Model, Anda dapat mengidentifikasi area-area utama perusahaan yang dapat memperoleh manfaat dari peningkatan kualitas, mengidentifikasi level saat ini, dan menetapkan tujuan untuk naik kelas dari pemula menjadi ahli. Mengidentifikasi di mana posisi Anda saat ini dan di mana Anda ingin berada sangatlah penting. Dalam pengalaman kami yang luas dalam memperjuangkan kualitas, sering kali perubahan kecil yang membuat dampak paling signifikan di seluruh pengiriman.

Kolaborasi

Ada kolaborasi yang mendalam dan berkesinambungan antara semua anggota tim, untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini mencakup seluruh pemangku kepentingan senior, bisnis, operasi, pengembangan, dan QA. Ketika kami bekerja sama dengan tim internal dan pihak ketiga, kami dapat mengidentifikasi cara kerja yang lebih baik, gerbang kualitas, dan handoff. Pendekatan kolaboratif ini membantu manajemen senior memahami seluruh pendekatan, laporan pengiriman, dan mengidentifikasi akuntabilitas.

Baik Anda berada pada tahap awal pengembangan rencana mutu strategis atau sedang mencari cara untuk meningkatkan sistem mutu yang sudah ada, tantangan yang umum muncul: tim yang berbeda, bahkan praktisi perorangan, dapat mengadopsi praktik rekayasa mutu mereka sendiri, dengan menggunakan metodologi dan alat yang mereka sukai.

Bagaimana Anda mengatur prinsip dan praktik yang berkaitan dengan kualitas untuk memastikan pendekatan standar di seluruh perusahaan? Bagaimana Anda membangun pemahaman dan komitmen bersama terhadap kualitas, di mana setiap anggota dari setiap tim memiliki kepemilikan dan akuntabilitas?

Langkah selanjutnya

Di Digivante, kami menawarkan keahlian dan konsultasi rekayasa kualitas untuk perusahaan yang berada pada tahap awal pengembangan rencana kualitas strategis atau bagi mereka yang menyadari perlunya peningkatan pada sistem kualitas yang sudah ada. Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana kami dapat mendukung upaya kualitas Anda.

Disadur dari: digivante.com