7,2 Juta Orang RI Nganggur, Kemenperin Harapkan Investasi Mampu Serap Tenaga Kerja

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

13 Mei 2024, 07.47

Sumber: voi.id

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa tingkat pengangguran di Indonesia mencapai 7,20 juta orang per Februari 2024. Jumlah pengangguran tersebut tercatat lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun 2013, yakni 7,99 juta orang.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Eko S.A. Cahyanto mengatakan pihaknya mendorong penyerapan tenaga kerja di industri dengan menyerap investasi yang masuk lebih besar.

“Yang kami dorong untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja yang paling cepat adalah investasi baru. Itu langsung, langsung. Kami tidak membedakan apakah itu padat modal atau padat karya,” kata Eko dalam acara temu media di Kantor Kemenperin, Jakarta, dikutip Rabu, 8 Mei.

Diketahui, investasi manufaktur pada kuartal II tahun 2024 sebesar Rp 161,1 triliun. Angka tersebut melanjutkan tren penurunan dari realisasi pada kuartal III tahun 2023 sebesar Rp163,7 triliun dan kuartal IV tahun 2023 sebesar Rp162,3 triliun.

Eko menilai, selain investasi di sektor industri pengolahan, ekspansi yang dilakukan industri juga dapat menjadi pendorong penyerapan tenaga kerja.

“Setelah ada investasi baru kemudian ekspansi. Penyerapan itu bisa besar. Yang sudah ada itu yang perlu dilakukan maintenance,” katanya.

Disadur dari: voi.id