Prestasi dan Ekspansi: Perjalanan ITB Menuju Keunggulan Multikampus

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

14 Maret 2024, 10.32

Sumber: id.wikipedia.org

Institut Teknologi Bandung (disingkat ITB, 2 Maret 1959, nama ITB Mulai tanggal 14 Oktober 2015 3, ITB akan menjadi yurisdiksi korporasi atas universitas dan BH. program akademik. ITB memiliki 27 program akademik yang terakreditasi (11 dari ABET dan 11 dari ASIIN). Kampus utama ITB merupakan rumah bagi universitas teknik pertama di Indonesia[Ref 4] dan universitas pertama di Belanda Timur. Catatan 5 ] Setiap institusi pendidikan tinggi yang awal berdirinya ITB mempunyai ciri dan program tersendiri, namun semuanya mempengaruhi perkembangan yang berujung pada berdirinya ITB.

Rektor ITB saat ini adalah Profesor Ir. N. R. Reini Dyuhraeni Wirahadikusuma, MSCE, PhD, 2020-2025.

Menyadari terbatasnya lahan yang tersedia untuk Universitas Ganesha sehubungan dengan semakin meningkatnya kebutuhan sarana dan prasarana untuk mencapai visi pendidikan multi kampus pada tahun 2010. Melaksanakan ITB kebijakan yang memunculkan istilah “Kampus On-G” dan “Kampus Off-G”. Istilah “Kampus On-G” mengacu pada Kampus ITB Ganesha dan kampus eksternal ITB yang dikenal dengan “Kampus Off-G”. Kampus ITB Off-G yang baru dikenal adalah Kampus ITB Jatinangor. "Kampus off-G ITB" lainnya yang direncanakan adalah Kampus ITB Bekasi dan Kampus ITB Walini.

Asrama mahasiswa, gedung fakultas, dan kantor administrasi tidak akan berlokasi di kampus utama, namun tetap mudah diakses. Gedung universitas antara lain toko buku, kantor pos, restoran, bank dan klinik. Selain ruang kelas, laboratorium, bengkel dan laboratorium, ITB juga mempunyai fasilitas seni seperti Galeri Soemardja, sarana olah raga dan universitas. Dekat dengan kampus terdapat Masjid Salman untuk salat dan kegiatan keagamaan bagi umat Islam ITB. Untuk menunjang kegiatan akademik dan penelitian, kami mempunyai fasilitas penunjang pendidikan seperti Perpustakaan Pusat (koleksi sekitar 150.000 buku dan 1.000 jurnal akademik), fasilitas olah raga, Ganesha Culture Gym, pusat bahasa dan pusat layanan komputer (ComLabs). . . ITB juga memiliki Observatorium Bosha (salah satu fasilitas Astronomy Advisory Group FMIPA) yang terletak 11 km sebelah utara Bandung. koreksi Di kampus Cirebon, ITB (Prodi) mempunyai tujuh program studi, antara lain program studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) - SAPPK, program studi IT (Teknik Industri) - FTI, Program Studi Seni dan Tradisional - FSRD dan TM (Perminyakan) El. Program gelar teknik: Program gelar FTTM, TA (Teknik Pertambangan) - Program gelar FTTM, TG (Teknik Geofisika) - Program gelar FTTM dan OS (Oseanografi) - FITB.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org