Wilayah Produksi Gas Alam yang Berada di Indonesia

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

23 Februari 2024, 09.45

Sumber: Kilang Plaju Pertamina di Sumsel(MI/Dwi Apriani)

Indonesia dikenal karena kekayaan sumber daya alamnya, termasuk gas alam. Menurut Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, cadangan gas alam Indonesia pada semester pertama tahun 2021 mencapai 43,569 miliar meter kubik. Presiden Jokowi juga menyatakan niat Indonesia untuk berinvestasi di blok gas Mnazi Bay di Tanzania, dengan Indonesia menjadi pemilik mayoritas blok tersebut. Blok Teluk Mnazi terletak di wilayah Mtwara di Tanzania selatan. Wilayah tersebut mencakup area seluas sekitar 756 kilometer persegi, dengan beberapa perusahaan, termasuk Maurel and Prom, PT Pertamina International, dan lainnya, terlibat dalam kepemilikan. 

Gas alam adalah bahan bakar fosil yang terbentuk dari sisa-sisa organisme hidup dan tersimpan di bawah tanah selama jutaan tahun. Indonesia, dengan kekayaan flora dan fauna yang melimpah, memiliki banyak tambang yang menghasilkan gas alam. Gas alam, seperti minyak bumi dan batu bara, merupakan sumber energi tak terbarukan. Keuntungan gas alam termasuk menjadi komoditas ekspor bagi industri energi, bahan bakar untuk pembangkit listrik dan industri, serta bahan baku untuk berbagai keperluan industri lainnya. 

Beberapa daerah di Indonesia yang menghasilkan gas alam antara lain:

  1. Maluku Di Maluku, terdapat wilayah produksi gas alam yang signifikan. Pada Februari 2023, SKK Migas menemukan cadangan gas di Pulau Seram, Maluku, tepatnya di Wilayah Kerja (WK) Seram Non-Bula, Desa Seti, Kecamatan Seram Timur Seti Utara. Potensi cadangan gas bumi di Pulau Seram diperkirakan cukup besar, dengan estimasi minimal mencapai 5 miliar barel. Menurut Kementerian ESDM, Maluku memiliki cadangan gas alam sebesar 13,988 miliar meter kubik.

  2. Papua Papua, selain menjadi penghasil minyak dan timah terbesar di Indonesia, juga memiliki cadangan gas alam yang cukup besar. Cadangan terbukti gas alam di Papua mencapai 11,412 miliar kaki kubik.

  3. Sumatera Selatan Meskipun Maluku dan Papua menjadi daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia, Sumatera Selatan juga memiliki cadangan gas alam yang signifikan. Wilayah ini memiliki cadangan sekitar 4,428 miliar kaki persegi. Contoh daerah di Sumatera Selatan yang mengandung gas bumi antara lain Lahat, Ogan Komering Ulu, Muara Enim, dan Musi Banyuasin.

  4. Sulawesi Sulawesi menjadi daerah penghasil gas alam terbesar kedua setelah Sumatera Selatan. Cadangan terbukti gas alam di Sulawesi mencapai 3,223 miliar kaki persegi. Contoh daerah penghasil gas alam di Sulawesi antara lain Bone, Ogan Komering Ulu, dan Sengkang.

  5. Kalimantan Kalimantan merupakan daerah penghasil gas alam terbesar kedua setelah Maluku. Wilayah ini memiliki cadangan sebesar 2,924 miliar kaki persegi. Contoh daerah penghasil gas alam di Kalimantan antara lain Berau, Mahakam, dan Muara Bakau.

 

Disadur dari: https://mediaindonesia.com/ekonomi/618100/daerah-penghasil-gas-alam-di-indonesia