Wadah Pembela Hak Buruh: Serikat Pekerja

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

23 Februari 2024, 14.30

Reli Federasi Serikat Dagang Andhra Pradesh di Hyderabad, India - Wikipedia

Serikat pekerja atau serikat buruh bukan sekadar organisasi, melainkan entitas penuh semangat yang bersatu untuk mengejar aspirasi bersama. Mereka tidak hanya menegosiasikan upah, jam kerja, dan kondisi kerja, tetapi juga bertindak sebagai suara kuat bagi anggota mereka yaitu mayoritas pekerja dalam suatu industri. Proses perundingan kolektif yang dijalankan oleh serikat pekerja mencakup aspek-aspek vital, seperti upah yang adil, aturan kerja yang bersahabat, penanganan keluhan, kebijakan penyewaan, serta perlindungan dari pemecatan dan peluang promosi.

Di Indonesia, serikat pekerja atau buruh memiliki definisi yang didefinisikan oleh Undang-Undang Serikat Pekerja Nomor 21 Tahun 2000. Mereka bukan hanya sekadar organisasi, tetapi bentukan yang bebas, terbuka, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Tujuannya tak lain adalah memperjuangkan, membela, serta melindungi hak dan kepentingan pekerja atau buruh, sambil berusaha meningkatkan kesejahteraan mereka dan keluarganya. Serikat ini melibatkan beragam anggota, mulai dari pekerja individual hingga profesional, mantan buruh, hingga yang tengah menganggur.

Seiring perjalanan waktu, serikat pekerja telah menjadi lebih dari sekadar entitas, melainkan bentuk evolusi yang dipengaruhi oleh berbagai rezim politik dan ekonomi. Meski mempertahankan tujuan umum terkait perbaikan kondisi kerja, fokus dan aktivitas mereka dapat bervariasi. Terlibat dalam perundingan kolektif, tindakan industri, dan bahkan aktif dalam dunia politik adalah sebagian dari peran serikat pekerja yang beragam ini.

Serikat pekerja bukan hanya tempat bagi berbagai jenis anggota, tetapi juga motor penggerak untuk memelihara serta meningkatkan kondisi pekerjaan secara menyeluruh. Mereka bukan hanya pembela hak-hak pekerja, tetapi juga agen perubahan dalam menciptakan lingkungan kerja yang adil dan berkeadilan. Dengan semangat dan dampak yang signifikan, serikat pekerja terus berperan aktif dalam membentuk dunia kerja yang lebih baik bagi semua anggotanya.

Disadur dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Serikat_pekerja