Urbanisme Baru: Transformasi Perkotaan Menuju Keberlanjutan dan Keseimbangan

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

22 Februari 2024, 15.10

Sumber: id.wikipedia.org

Urbanisme Baru adalah gerakan yang bertujuan untuk membentuk kota dengan mempromosikan kawasan hijau, menciptakan lingkungan yang ramah pejalan kaki, dan menyediakan beragam tempat untuk tinggal dan bekerja. Gerakan ini pertama kali muncul pada tahun 1980-an di Amerika Serikat dan mempunyai dampak yang signifikan terhadap strategi pengembangan real estat, perencanaan kota, dan penggunaan lahan perkotaan di negara tersebut. Urbanisme baru berupaya mengurangi perluasan kota dan mendorong pembangunan pinggiran kota setelah Perang Dunia II.

Gerakan Urbanisme Baru sangat dipengaruhi oleh praktik perencanaan kota sebelum munculnya mobil sebelum Perang Dunia II. Ini mencakup sepuluh prinsip inti seperti Perencanaan Lingkungan Tradisional (TND) dan Pembangunan Berorientasi Transit (TOD). Prinsip-prinsip ini mencakup membangun komunitas dan mengembangkan praktik ekologi.

Kongres Urbanisme Baru didirikan pada tahun 1993 sebagai penyelenggara gerakan Urbanisme Baru. Piagam Perencanaan Kota yang baru sebagai landasan gerakan ini menekankan pada konsep penataan ruang ruang terbuka, arsitektur pembangunan yang sesuai dengan konteks dan perencanaan, serta keberadaan fasilitas olahraga, perpustakaan, dan pusat komunitas. Perusahaan juga berupaya mencapai keseimbangan antara lapangan kerja terbuka dan perumahan.

New Urbanism meyakini bahwa penerapan strategi ini dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dengan mendorong masyarakat untuk bersepeda, berjalan kaki, atau menggunakan transportasi umum. Selain itu, tujuan dari gerakan ini adalah untuk meningkatkan pembangunan perumahan yang terjangkau dan mengekang perluasan kota. Piagam perencanaan kota yang baru juga mencakup, misalnya, pelestarian sejarah, keselamatan jalan raya, pembangunan berkelanjutan, dan restorasi bekas lahan industri. Sepuluh prinsip urbanisme cerdas memandu pendekatan Urbanisme Baru, yang sering kali tercermin dalam arsitektur yang mengadopsi gaya klasik, postmodern, atau vernakular baru.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org