UNS dan SEAMEO SEAMOLEC Jalin Kerja Sama untuk Peningkatan Pembelajaran Daring dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

01 Maret 2024, 15.13

Sumber: republika.co.id


REPUBLIKA.CO.ID, SOLO-- Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjalin kerja sama dengan Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMEO SEAMOLEC) untuk meningkatkan performa pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19.

Kerja sama antara UNS dan SEAMEO SEAMOLEC diresmikan pada Kamis (23/9). Acara yang digelar secara hybrid tersebut dihadiri oleh Rektor UNS, Jamal Wiwoho, Wakil Rektor Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis, dan Informasi, Sajidan, dan Direktur SEAMEO SEAMOLEC, R Alpha Amirrachman.

Kerja sama ini dimaksudkan untuk meningkatkan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan pendidikan terbuka dan jarak jauh. Ruang lingkup kerja sama meliputi pendidikan, penelitian, dan pelatihan, pengembangan sumber daya manusia, pengembangan teknologi dan informasi komputer, publikasi dan informasi, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, pertukaran materi ilmiah, dukungan pengembangan institusi, dan penyelengaraan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Rektor UNS, Jamal Wiwoho, sangat berharap kerja sama ini dapat segera dilaksanakan untuk menunjang pelaksanaan kinerja institusi yang lebih baik. "Saya sangat berharap dengan penandatanganan pagi ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan utuh termasuk mahasiswa dan alumninya pintar untuk berbagai profesi. Saya juga berharap kerja sama ini dapat meningkatkan kualitas pengajaran para dosen dengan pembelajaran yang interaktif," terang Jamal seperti tertulis dalam siaran pers, Kamis.

Direktur SEAMEO SEAMOLEC, R Alpha Amirrachman, menyambut baik kerja sama yang disepakati berjalan selama tiga tahun ke depan ini. R Alpha mengatakan timnya bangga dapat bekerja sama dengan UNS karena UNS merupakan salah satu universitas dan program pengembangan layanan terbaik.

"Pekerjaan yang dilakukan SEAMEO SEAMOLEC merupakan hal yang sangat dinantikan oleh civitas akademika UNS untuk mengabdi. Besar harapan kami bahwa bersama-sama kita dapat mempersiapkan siswa-siswa yang mampu berenang dengan berbagai gaya renang, dalam artian siap dalam segala kondisi saat ini,” ujarnya. bekerja sama dengan UNS: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), khususnya Universitas Magister Ilmu Pendidikan dan Magister Riset Teknologi Pendidikan, kerjasama tersebut berkembang pada tahun depan proyek blockchain Android, augmented reality dan virtual reality. adalah untuk memberikan pelatihan formal di sektor TIK untuk pembangunan. kompetensi platform pendidikan di dunia.

Kolaborasi ini juga mencakup jurnal manajemen, pelatihan siswa, seminar dan lokakarya, pertukaran guru dan siswa, penelitian dan kegiatan kemasyarakatan. Jaringan kedua belah pihak. Kerja sama ini juga tidak menutup kemungkinan untuk melakukan kegiatan lain yang disepakati kedua belah pihak.

Disadur dari Artikel : republika.co.id