Universitas Sumatera Utara: Jejak Perguruan Tinggi Unggul di Medan

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

13 Maret 2024, 13.29

Sumber: id.wikipedia.org

Universitas Sumatera Utara (USU) adalah universitas negeri yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara, Indonesia. USU pertama kali didirikan pada tanggal 4 Juni 1952 dengan nama Yayasan Universitas Sumatera Utara. Sekolah pertama adalah Fakultas Kedokteran yang didirikan pada tanggal 20 Agustus 1952. Presiden Sukarno meresmikan USU sebagai universitas nasional ketujuh di Indonesia pada tanggal 20 November 1957. Pada tahun 2018, USU mengalami perubahan. Status universitas tersebut akan menjadi PTN-BH yang merupakan universitas PTN-BH ketujuh di Indonesia.

Kampus USU terletak di Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru. . , luasnya [x] ha. Ruang pendidikan seluas [x] ha mampu menampung hampir seluruh kegiatan belajar mengajar dan kesiswaan. Sistem pembelajaran didukung oleh lebih dari 200 perpustakaan dan laboratorium.Perpustakaan menawarkan berbagai bahan pembelajaran dalam format cetak dan elektronik, dan kampus Padang Bulan merupakan infrastruktur teknologi informasi yang menyediakan akses ke berbagai sumber daya pendidikan dan informasi untuk Mendukung kegiatan pembelajaran dan penelitian siswa dan guru. Selain itu, terdapat banyak fasilitas di kampus, antara lain tempat tinggal, taman bermain, wisma, restoran, toko, bank, dan kantor pos. Pertemuan pemilihan dan berbagai acara pendidikan diadakan di stadion dan taman bermain. Sebuah rumah sakit pendidikan dibangun di kampus tersebut pada tahun 2008.

Kampus baru dengan luas [x] ha sedang dikembangkan, terletak di Kwala Bekala, [x] km dari kampus Padang Bulan. Kampus ini digunakan untuk mendukung berbagai penelitian dan eksperimen di bidang pertanian, kehutanan, peternakan, dan peternakan. USU memiliki kebun percobaan seluas [x]ha di Langkat sebagai bagian dari upayanya menjadi universitas yang komprehensif. USU juga telah mendapat persetujuan untuk mengembangkan hutan percobaan seluas [x]ha di Mandailing Natal.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org