Universitas Andalas: Jejak Perkembangan dan Prestasi Unggul di Sumatera Barat

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

13 Maret 2024, 13.29

Sumber: id.wikipedia.org

Universitas Andalas (diucapkan Unand) adalah sebuah universitas negeri Indonesia yang berlokasi di kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Universitas ini merupakan salah satu universitas tertua di luar Pulau Jawa dan diresmikan oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta pada tanggal 23 Desember 1955. Saat itu, Unand merupakan universitas keempat yang didirikan pemerintah Indonesia. Universitas Andalas memiliki 15 fakultas, dengan kampus utamanya terletak di Limau Manis, Padang. Ada juga kampus lain di Padang, Payakumbuh dan Dharmasraya.

Berdasarkan kegiatan penelitian berdasarkan kegiatan penelitian berdasarkan evaluasi tinggi dan kegiatan pengumpulan yang diluncurkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional pada bulan November 2019, Universitas Andalas berada di posisi teratas. Universitas ini menempati peringkat keempat di antara universitas-universitas peringkat teratas di Indonesia. Sejak tahun 2016, kampus ini masuk dalam Cluster 1 perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Pada tahun 2021, Unand resmi ditetapkan sebagai Universitas Negeri Korporasi Indonesia (PTN-BH) ke-13 melalui Peraturan Pemerintah No. 95 Tahun 2021.

Sejak dibuka, Universitas Andalas memiliki total 15 fakultas. Program gelar meliputi 44 program pascasarjana, 41 program magister (S2), 13 program diploma (S3), 12 program pelatihan kedokteran khusus, 5 program pelatihan kedokteran khusus dan rincian 4 program studi D3. Itu ada di dalam. Universitas 1) termasuk dalam 12 perguruan tinggi terbaik di Indonesia, atau peringkat pertama di Pulau Sumatera dan peringkat kedua di luar Pulau Jawa. Selain itu, majalah Tempo edisi Maret 2006 menempatkan Unand pada peringkat ke-14 dalam analisis kemampuan lulusannya memasuki dunia usaha. Termasuk peringkat ke-13 yang ditempati universitas di Pulau Jawa. Unand secara umum mempunyai kedudukan tertinggi di luar Pulau Sumatera dan juga Pulau Jawa. Pada Mei 2008, Majalah Tempo juga memilih Unand sebagai salah satu universitasnya. Dalam hal ini mahasiswa Institut Perindustrian dan Sastra banyak diminati oleh berbagai perusahaan untuk perekrutan karyawan. Unand merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Sumatera yang mempunyai gelar. Dalam laporan BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) tahun 2003, Unand menduduki peringkat ke-11 dari 41 perguruan tinggi negeri di Indonesia (kedua di luar Pulau Jawa).

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org