UGM Akan Gelar Kuliah Tatap Muka Terkendali: Protokol Ketat dan Fokus pada Keselamatan Mahasiswa

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

19 April 2024, 11.14

Sumber: ugm.ac.id

Puluhan ribu mahasiswa UGM akan mengikuti kegiatan tatap muka terawasi (PTM) pada akhir Oktober hingga Desember. Kegiatan perkuliahan luring terbatas ini mematuhi standar sanitasi yang ketat, hanya menggunakan 25 hingga 50 persen kapasitas ruang perkuliahan. “PTM yang dikelola diharapkan dapat dimulai setelah ujian tengah semester pada bulan Oktober,” kata Ketua Satgas Covid-19 UGM Dr DR. Rustamadji, M.Kes., Maanantai (11.10).

Menurut Rustamadji, pembelajaran dan pendidikan yang diawasi ketat mengikuti praktik kesehatan, mengacu pada peraturan pemerintah melalui instruksi Menteri Dalam Negeri tentang penerapan pembatasan masyarakat. kegiatan (PPKM). “Kami mengacu pada peraturan menteri dalam negeri yang terbaru. “Selanjutnya status PPKM mandiri sudah mencapai proses tingkat ketiga hingga tingkat pertama,” ujarnya.

Selain memantau protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, Satgas Covid-19 UGM juga melakukan pengawasan ketat. penggunaan ruang. hanya 25 persen dari kapasitas. “Namun kalau sangat penting bisa sampai 50 persen,” tambahnya.

Selain kegiatan perkuliahan, menurut Rustamadj, UGM juga menyiapkan kantin khusus, tempat istirahat, dan tempat kegiatan ekstrakurikuler. model batasan dan prosedur yang ketat. “Dengan tidak adanya ruang untuk kegiatan ekstrakurikuler dan hanya perkuliahan, maka mahasiswa cenderung berkumpul,” jelasnya.

Sedangkan mahasiswa yang diperbolehkan mengikuti PTM Terbimbing hanya terbatas pada mahasiswa yang berdomisili di DIY dan Pusat. Jawa. Namun jika ada mahasiswa luar kota yang lama absen selama pandemi, bisa ikut serta. “Rencananya pelajar dari DIY dan Jawa Tengah akan divaksin dulu dan sudah mendapatkan vaksinnya. Kalau ada yang belum vaksin, kami siapkan vaksinasinya. “Mereka juga harus mendapat izin dari orang tuanya,” ujarnya.

Selain kesehatan mahasiswa, UGM juga memperhatikan kesehatan tenaga pengajarnya. Anggota fakultas yang diketahui memiliki penyakit penyerta tidak perlu mengajar secara tatap muka, melainkan mengajar secara online. “Kami memberikan perhatian agar dosen-dosen yang memiliki penyakit penyerta dapat lebih banyak mengajar secara daring. Apalagi UGM kini menyelenggarakan perkuliahan secara luring dan daring sekaligus,” ujarnya.

Dengan PTM yang terkendali, maka Covid-19 tim gugus tugas membawa siswa untuk memeriksa status kesehatan mereka melalui pemeriksaan rutin. "Melakukan pengecekan Genos secara acak," katanya.

Sumber: ugm.ac.id