Transformasi Unpad: Perguruan Tinggi Unggul dengan Kampus Multikomprehensif di Jawa Barat

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

14 Maret 2024, 10.25

Sumber: id.wikipedia.org

Universitas Padjadjaran (disingkat Unpad, aksara Sunda: ᮅᮤᮗᮨᮁᮁᮤᮒᮣᮣ ᮪ᮏᮏᮮᮛ᮪᮪᮪) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Jawa Barat, Indonesia. Perguruan tinggi induk Unpad khususnya program sarjana berlokasi di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Terhitung mulai tanggal 20 Oktober 2014, status universitas tersebut berubah dari sebelumnya berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum Universitas Negeri (PTN).BH). Otoritas Publik (BLU). Upacara pembukaan ditandai dengan Peraturan Pemerintah (PP) yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Keputusan tersebut berdasarkan evaluasi kinerja yang dilakukan oleh panitia khusus yang dibentuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Berdasarkan keputusan BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) tanggal 16 Januari 2014, Unpad mendapat nilai A (sangat baik).

Kampus

Dua kampus utama Universitas Padjadjaran: Iwa Koesoemasoemantri. Kampus Dipati Ukur Bandung dan Kampus Jatinangor di Kabupaten Sumedang juga berada di luar kampus induk (PSDKU), yaitu Kampus PSDKU Pangandaran.

Kampus Dipati Ukur Bandung

Kampus Universitas Padjadjaran di Dipati Ukur adalah: Jalan Dipati Ukur, Bandung . Kampus ini sebelumnya digunakan untuk kegiatan kampus Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis (S-1 dan D-3) dan Fakultas Hukum. Namun mulai pertengahan tahun 2017, kedua universitas ini akan memiliki fakultas lain dan akan dialihkan ke Universitas Jatinangor Sumedang.

Kampus ini kini digunakan untuk kegiatan kampus Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis (MSc dan MSc), antara lain konferensi gelar, kursi. Kegiatan lainnya adalah.

Kampus Jatinangor Sumedang

Kampus Unpad Jatinangor terletak di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kampus ini merupakan universitas induk yang meliputi Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Psikologi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Matematika dan Ilmu Lingkungan, Fakultas Peternakan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam. Sekolah Teknologi Pertanian dan Perikanan. Ilmu Kelautan, Farmasi, Teknik Geoteknik, Komunikasi Ilmiah, Ilmu Budaya, Ilmu Sosial dan Politik, Hukum, Ekonomi dan Bisnis. menyelesaikan Akhir tahun 2016.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org