Transformasi Unggul: Inovasi Pendidikan dan Prestasi Akreditasi Universitas Negeri Jakarta

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

13 Maret 2024, 13.54

Sumber: id.wikipedia.org

Universitas Jakarta (disingkat UNJ) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Jakarta, Indonesia, didirikan pada tahun 1964. Sebelumnya, Universitas Negeri Jakarta adalah IKIP Jakarta (Akademi dan Keguruan Tinggi Jakarta). Pada sertifikasi tahun 2021 yang dilakukan tim evaluasi BAN PT, Universitas Negeri Jakarta dinilai “Sangat Baik” berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor 1.45/SK/BAN-PT/Akred/PT /II/2021. Universitas Negeri Jakarta telah menetapkan syarat pemeringkatan terbaik telah terpenuhi dengan memperoleh poin 366 dan akreditasi ini berlaku mulai 2 Februari 2021 hingga 2 Februari 2026.

Bidang Pendidikan
Escola Universitaria Estatal Jakarta (UNJ) ) menawarkan keduanya. (2) Bidang pendidikan yaitu bidang pendidikan dan bidang non pendidikan.

Sektor pendidikan
Sektor pendidikan merupakan kelanjutan dari bidang sebelumnya (IKIP Jakarta) dan dilaksanakan pada semua program akademik di UNJ. Program sektor akademik ini berkembang sangat baik.

Sektor non-akademik
Setelah IKIP Jakarta memperluas kewenangannya ke perguruan tinggi, UNJ menyelenggarakan program non-akademik berupa proyek tingkat D-IV dan proyek S-1. Program-program non-akademik saat ini akan terus dikembangkan, ditingkatkan kualitasnya dan membuka program-program akademik lain di bidangnya. , Derajat. Program (S-2), Program Madya (S-3), Program Profesi

Sarjana (D-4)
Pada pertengahan tahun 2022 UNJ akan mengubah jenjang studi dari D-3 menjadi D-4 yang saya ikuti dia. atau mengajukan permohonan gelar sarjana sesuai Keputusan Mendikbudristek tanggal 30 Mei 2022 (No. 138/D/OT/2022 dan No. 139/D/OT/2022). Beban akademik program ini sama dengan program sarjana yaitu minimal 144 SKS, yang membedakan hanyalah struktur perkuliahan teori, program sarjana fokus 60% pada teori dan 40% pada pelatihan kerja. Saat ini program pascasarjana terapan (D-4) berfokus pada teori sebesar 40% dan praktek sebesar 60%. Siswa yang berhasil menyelesaikan program ini akan menerima Graduate Diploma (S.Tr.)..

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org