Transformasi Transportasi Publik: Mengulas Sistem Bus Raya Terpadu Trans Metro Pasundan di Bandung Raya

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

03 April 2024, 14.26

Sumber: id.wikipedia.org

BisKita Trans Banjarbakula adalah layanan angkutan umum berbasis bus raya terpadu di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Layanan ini diatur oleh pemerintah dan menerapkan mekanisme subsidi BTS (Buy The Service) oleh BPTJ Kementerian Perhubungan. Pada awalnya, BisKita Trans memiliki tiga rute perjalanan dan 37 halte pada tahun 2019. Setelah uji coba gratis selama beberapa bulan, transportasi umum ini diluncurkan pada 14 Agustus 2019. Layanan BisKita Trans juga direncanakan untuk diperluas menjadi 6 rute dan total 112 halte di berbagai kabupaten di sekitar Kota Banjarmasin.

Pandemi COVID-19 dan Kendala Pengembangan

Pandemi COVID-19 mempengaruhi perkembangan BisKita Trans. Pada September 2020, rekrutmen pengemudi bus baru terhambat karena pandemi. Hal ini menyebabkan penundaan dalam perluasan rute dan armada bus, meskipun kebutuhan masyarakat terhadap transportasi umum semakin meningkat.

Tantangan selama Banjir di Kalimantan Selatan

Selama banjir di Kalimantan Selatan pada tahun 2021, beberapa terminal dan halte bus mengalami kerusakan dan digunakan sebagai tempat pengungsian oleh korban banjir. Meskipun demikian, operasi BisKita Trans tetap berjalan seperti biasa. Dalam situasi darurat seperti ini, transportasi umum tetap penting untuk membantu masyarakat dalam pergerakan mereka.

Pandemi COVID-19 dan Pengaturan Operasional

Selama pandemi COVID-19, BisKita Trans mengadopsi beberapa aturan baru untuk menjaga kesehatan penumpang dan pencegahan penyebaran virus. Jumlah penumpang dalam satu bus dibatasi menjadi 12 orang, dan semua penumpang diwajibkan memakai masker. Pembatasan sosial juga diterapkan. Selain itu, jam operasional BisKita Trans juga dibatasi menjadi pukul 06:30–17:00 (WITA) pada hari Senin hingga Jumat, dan pukul 08:00–15:00 pada akhir pekan dan hari libur.

Tiket Gratis untuk Acara Tahunan Haul Guru Sekumpul

Pada acara tahunan Haul Guru Sekumpul, BisKita Trans menjual tiket bus secara gratis bagi para jemaah yang ingin pergi ke lokasi haul. Ini merupakan bentuk dukungan dari BisKita Trans kepada masyarakat dalam merayakan acara keagamaan yang penting bagi mereka.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.com