Transformasi Menuju Unggul: Kisah Sukses Universitas Tidar dari Swasta ke Negeri

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

23 April 2024, 09.46

Sumber: id.wikipedia.org

Universitas Tidar (Untidar) adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Pada awalnya Untidar merupakan sebuah perguruan tinggi swasta bernama Universitas Tidar Magelang yang dibuka pada tanggal 1 April 2014 melalui Keputusan Presiden Nomor 23 Tahun 2014. Pada saat berdirinya, Untidar mempunyai lima fakultas, antara lain Jurusan Ekonomi; Keguruan dan Pendidikan, Universitas Teknologi, Institut Pertanian, Lembaga Pengembangan Sosial dan Politik.

Perkembangan dan Tren Akademik di Universitas Tidar

Munculnya metode pelatihan yang disingkat bagi para pegawai, Universitas Tidar Magelang didirikan pada tahun 1999 dengan D- di bidang Akuntansi dan Teknik Mesin tiga program. Namun karena peminat yang menurun, maka program D-3 Teknik Sipil ditutup pada akhir tahun 2004.

Sejak tahun 1998, seluruh program akademik Untidar telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap standar kualitas pendidikan yang lebih tinggi. Universitas juga memiliki izin administratif untuk semua program akademik dari Kementerian Pendidikan Republik Indonesia Universitas Tidar Magelang mulai dari perguruan tinggi swasta hingga perguruan tinggi swasta. Universitas Negeri. Hal ini mengukuhkan posisinya sebagai satu-satunya perguruan tinggi negeri di seluruh wilayah Kedu, Universitas Tidar yang meliputi ruang kelas, perpustakaan, laboratorium dan olah raga. Menawarkan:, pusat kesehatan, gereja, bank dan restoran. Fasilitas penelitian Untidar meliputi laboratorium penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Saat ini kegiatan kemahasiswaan adalah Persatuan Mahasiswa (Menwa), Mahasiswa Alam (Mapala), UKAI Ar-Ribath, UKMK, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Paduan Suara dan Workshop Seni.
\ Dengan perubahan tersebut, Universitas Tidar menjadi universitas yang bagus Kami adalah institusi pendidikan yang berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada siswa kami dan masyarakat sekitar.

Sumber : id.wikipedia.org