Transformasi Lembaga Kursus dan Pelatihan: Menyongsong Masa Depan dengan Teknologi dan Inovasi

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

22 April 2024, 10.14

Sumber: republika.co.id

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Direktorat Pendidikan dan Pelatihan (Ditsuslat), Direktorat Pendidikan Vokasi (Ditjen Vokasi) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyerahkan Penghargaan Manajemen Ketenagakerjaan. Acara ini merupakan puncak dari evaluasi yang dilakukan Ditsuslat terhadap berbagai program antara lain pelatihan keterampilan profesi (PKK), pelatihan kewirausahaan (PKW), uji kompetensi mahasiswa dan pelaksanaan program pengembangan manusia. PPKSDM). Selain itu, tujuan evaluasi adalah untuk mengukur pemerataan, kewajaran, daya tarik dan efektivitas pelaksanaan program. Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Wikan Sakarinto mengaku sangat bersyukur seluruh pusat kursus dan pelatihan (LKP) kini sudah terdigitalisasi. “LKP sekarang tidak hanya teknis, tapi digital. Kuantitasnya meningkat, kualitasnya semakin kuat,” ujarnya pada acara Academic Awards 2021 yang digelar di Yogyakarta, Kamis (16/12).

Namun Wikan juga berharap LKP terus melakukan perubahan untuk mengurangi pengangguran dan memperbanyak wirausaha. “Kami ingin perubahan untuk masa depan. Jangan mengeluh tentang kerusakan karena masih banyak yang harus dilakukan,” tambahnya. Sekjen Wikan dan Wakil Direktur Kurikulum Wartanto pun mengucapkan selamat kepada LKP. Indonesia. “Kami mengucapkan terima kasih kepada perguruan tinggi atau program studi yang telah turut serta dalam penyelenggaraan program kursus dan pelatihan departemennya serta berupaya semaksimal mungkin. n
Selanjutnya di LKP Direktur Wartanto mengucapkan terima kasih kepada lembaga Diklat yang telah maju. untuk mendukung program dan kebijakan Diklat, juga disediakan (1) Video Best practice pelaksanaan program PKK, (2) PKW Menjelaskan fokus evaluasi kegiatan LKP, termasuk video terbaik pelaksanaan program, (3) video pelatihan empat aspek PKW: materi sesuai berbagai keterampilan yang diajarkan, (4) praktik terbaik LSK, (5) video praktik terbaik tahun 2020 untuk penerapan LKP 8+i" Link and Match" berdasarkan DIDUKA.\ n
Berikut hadiah yang diberikan kepada para pemenang. (1) Juara 1 s/d 6 Lomba Produksi Video Implementasi Proyek PKW untuk Best Practices, (2) Juara 1 s/d 6 Lomba Produksi Video Buku Proyek PKW, (3) Juara 1 s/d 6 pada lomba Persiapan Penampilan Terbaik video. untuk pelaksanaan proyek PKK, (4) ) meraih Juara 1 sd 6 pada lomba persiapan video terbaik pelaksanaan proyek PKSDM dan (5) Juara 1 sd 6 pada lomba LSK (Lembaga Sertifikasi Kompetensi). Ini berfungsi dengan baik.

Sebagai ucapan terima kasih, Ditsuslat akan memberikan hadiah kepada pemenang pertama berupa sertifikat, hadiah, dan biaya pelatihan hingga Rp 30 juta. Proses seleksi kompetisi dilaksanakan pada bulan November 2021. Selain itu, penghargaan juga diserahkan kepada DPP Himpunan Penyelenggara Kursus dan Pelatihan Indonesia (HIPKI) yang diwakili oleh Hereansyah, Sekretaris Jenderal Himpunan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia ( HIPKI). ). ; Pusat Pelatihan Akademik dan Eksekutif DPP (FPLKP) Sekretaris Jenderal FPLKP Zulkifli M Adam; Kelompok Pembina dan Pemeriksa DPP PNF Seluruh Indonesia (HISPPI) diwakili oleh Ketua V Rusliawati; Ada pula DPP Generasi Digital Indonesia (GRADASI) yang dihadiri Ketua Asosiasi Sertifikat (LSK) Moh Sidik Gradasi yang dihadiri Ketua LSK Aji Samsul Rizal.

Sementara Ditsuslat telah menyusun postingan baru tentang kursus dan pelatihan terkait kegiatan peningkatan pengetahuan dan pemahaman kursus dan pelatihan di masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penulisan jurnalistik dalam kaitannya dengan studi dan pelatihan di masa depan. Pada kesempatan ini Ditsuslat memberikan penghargaan kepada media yang menerbitkan artikel terbaik.

Dari seluruh karya yang terkumpul, ada tiga karya terbaik tahun ini. (2) makalah berjudul “Datang Kajian Kemendikbudristek, Persiapan dan Harapan Kegagalan Sekolah” oleh Ilham Pratama Putra dari Medcom.id, dan (3) makalah berjudul “Mencetak Kekuatan Terpercaya dalam Editing Video”. Karyanya, penulis. Fatkhur Rizqi dari Radar Tasikmalaya. 

Sumber: republika.co.id