Trans Semarang: Solusi Angkutan Massal Efisien dan Terjangkau di Kota Semarang

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

30 April 2024, 11.05

Sumber: id.wikipedia.org

Trans Semarang adalah sistem transportasi angkutan massal di Kota Semarang dan sebagian Kabupaten Semarang di Jawa Tengah. Tujuan utama dari layanan ini adalah untuk mengurangi kemacetan di Kota Semarang dan memudahkan warga dalam perjalanan ke pusat kota dan destinasi wisata. Salah satu perbedaan Trans Semarang dengan layanan bus kota lainnya adalah armadanya menggunakan pintu tinggi dan memiliki halte khusus. Namun, ada pengecualian untuk layanan pengumpan yang menggunakan pintu biasa.

Trans Semarang dikelola oleh Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Trans Semarang di bawah Dinas Perhubungan Kota Semarang. Tugas BLU Trans Semarang meliputi perekrutan tenaga kerja seperti petugas tiket armada, petugas persiapan armada, petugas operasional, petugas timer, dan pengawas angkutan. Layanan ini disediakan oleh Pemerintah Kota Semarang dan banyak digunakan oleh warga kota dan sekitarnya karena tarifnya terjangkau, jadwal keberangkatannya tepat waktu, dan armadanya dilengkapi dengan pendingin udara. Waktu operasional Trans Semarang umumnya dari jam 05.30 hingga 17.40 WIB, kecuali Koridor Bandara yang beroperasi dari jam 17.30 hingga 00.00 WIB.

Wacana pengoperasian Trans Semarang diumumkan oleh Dishub Kota Semarang pada tahun 2008. Uji coba koridor pertama dilakukan pada tanggal 2 Mei 2009, yang bertepatan dengan hari jadi Kota Semarang yang ke-462. Pengoperasian penuh dimulai pada tanggal 18 September 2009 dengan pembentukan konsorsium PT Trans Semarang yang terdiri dari Perum DAMRI, PO Minas, dan PO Ratakencana. Trans Semarang awalnya dikelola sebagai bagian dari BLU UPTD Terminal Mangkang, namun pengelolaannya beralih ke BLU BRT Kota Semarang pada tahun 2016. Pada tanggal 3 Januari 2017, BLU BRT Kota Semarang resmi menjadi BLU UPTD Trans Semarang sesuai dengan Peraturan Wali Kota nomor 116 tahun 2016.

Selama sejarah pengoperasiannya, Trans Semarang mengalami beberapa perubahan. Jam operasionalnya berubah dari pukul 06.00-21.00 WIB menjadi 05.30-17.40 WIB. Tarifnya juga mengalami perubahan, di mana tarif pelajar awalnya Rp2.000,00 menjadi Rp1.000,00 saat ini. Pada waktu tertentu, Trans Semarang juga menyediakan jam layanan khusus untuk pelajar, namun fasilitas ini telah dihapus pada tanggal 14 Juli 2017 karena minim pengguna. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan layanan BRT.

Sumber: id.wikipedia.com