Tragedi Stasiun Ciurea: Kecelakaan Kereta yang Merenggut Ribuan Nyawa pada Zaman Perang Dunia I

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

29 April 2024, 09.43

Sumber: id.wikipedia.org

KOMPAS.com - Hari ini 105 tahun yang lalu, tepatnya 13 Januari 1917, terjadi kecelakaan kereta api di stasiun Siurea di Rumania. Selain kecelakaan kereta api, sekitar 1.000 orang tewas. Menurut Rail Technology, masalah ini muncul selama Perang Dunia Pertama. Penumpang kereta tersebut adalah tentara tempur yang terluka dan pengungsi yang melarikan diri dari serangan Jerman.

Sementara itu, Rumania memasuki Perang Dunia I di pihak aliansi Perancis-Anglo-Rusia pada Agustus 1916. Setelah beberapa bulan pertempuran sengit, tentara Jerman merebut kota Bukares. Saat kejadian, Dorin Stanescu, jurnalis perkeretaapian Rumania, dikutip Radio Romania International, menjelaskan bahwa kereta tersebut berat dan penuh dengan orang yang melindungi mereka di bawah. Penumpang memenuhi bagian dalam kereta hingga langit-langit. “Banyak orang yang memilih naik kereta menggunakan atap gerbong, sehingga kereta akan naik saat berpindah dari satu stasiun kereta ke stasiun kereta lainnya,” kata Dorin.

Konon saat itu ada lebih dari 5.000 penumpang. Sedangkan kapasitas kereta hanya 1.000 orang. Jelas, jumlah muatan tidak sebanding dengan kemampuan teknis kereta api. Kereta melaju kencang saat menuruni lembah dekat stasiun Siurea. Mekanik mencoba mengaktifkan sistem rem dan sepertinya mengalami masalah yang sama. Penumpang terlalu banyak sehingga sistem tidak berfungsi. Akibatnya kereta tergelincir, keluar rel dan bertabrakan dengan kendaraan lain. Kecelakaan itu terjadi pada tengah malam dalam cuaca dingin dan salju lebat. Stasiun Siurea penuh dengan gerbong sampah.

Saat melihat api berkobar, api semakin panas karena adanya timbunan minyak di dalam kereta. . Kebakaran yang terjadi akhirnya meledak di sekitar lokasi kecelakaan, banyak korban jiwa terjebak di antara kapal. BanAdminyak orang lain juga tewas dalam ledakan tersebut. Selain 1.000 orang tewas, 1.000 kereta api dan 25.000 kereta api hancur di Rumania.

Alasan dihentikannya jalur kereta api tersebut karena adanya kecelakaan yang terjadi di stasiun Siurea. Saat ini, tidak mudah untuk menaikkan gerobak. Kecelakaan kereta api ini merupakan salah satu yang terburuk dalam sejarah perkeretaapian dunia. Orang Rumania mengenal peristiwa bersejarah ini sebagai bencana Rumania.

Sumber: .kompas.com