Tingkatkan Profitabilitas Bisnis dengan Optimalisasi Logistik Outbound

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

24 Mei 2024, 08.32

sumber: pinterest.com

Apa Itu optimasi logistik outbound dan mengapa Itu penting?

Proses penyimpanan, pengangkutan, dan pengiriman barang jadi ke lokasi akhir (distributor, pengecer, atau pelanggan akhir) dikenal sebagai Logistik Keluar. Seperti halnya logistik masuk, proses ini juga perlu dikelola secara efisien untuk memastikan penghematan yang sangat besar dan pengalaman pelanggan yang tak tertandingi. Logistik masuk memainkan peran penting dalam pembuatan produk, sedangkan logistik keluar mulai beraksi setelah produk diproduksi. Secara sederhana, arti logistik keluar adalah arus keluar barang dari fasilitas manufaktur ke lokasi terakhirnya, yang sebagian besar adalah di depan pintu pelanggan. Teknologi dapat membantu memastikan pengoptimalan logistik keluar yang lancar dan mudah. Mari gali lebih dalam tentang hal ini.

Bagaimana cara kerja logistik outbound?

Alur proses logistik keluar yang sistematis atau proses logistik keluar dimulai ketika pelanggan melakukan pemesanan. Setelah bisnis memverifikasi dan menerima pesanan dan memulai pengemasan dan pengambilan dari gudang. Persediaan cadangan diperbarui dan memicu produksi produk jika diperlukan. Pesanan kemudian dikirim ke pusat distribusi atau pusat pemenuhan pesanan untuk kemudian dikirim ke pelanggan akhir.

Pentingnya logistik keluar

Logistik keluar berhubungan dengan pergerakan barang dari pabrik ke lebih dekat ke pelanggan untuk keputusan pembelian akhir. Hal ini membantu dalam pencairan dan pengisian barang secara tepat waktu di tempat penjualan. Berikut adalah jenis pergerakan yang dapat kita harapkan dari logistik keluar. 

  • Unit manufaktur ke gudang: Di sini barang dipindahkan dari pabrik produksi ke gudang untuk disimpan.
  • Gudang ke gerai ritel: Jenis pergerakan ini memastikan ketersediaan produk di dekat pelanggan akhir. Fase ini sangat penting karena tidak tersedianya produk dapat merusak pengalaman pelanggan dan loyalitas merek. Proses yang efisien pada tahap ini penting untuk memastikan efisiensi pengiriman secara keseluruhan.

Aktivitas logistik keluar

Aktivitas utama yang terlibat dalam manajemen logistik keluar adalah-

Manajemen gudang

Perusahaan menyimpan sejumlah stok untuk memenuhi permintaan. Proses logistik keluar berurusan dengan penyimpanan dan pengaturan barang-barang ini dalam kondisi yang tepat. Logistik masuk dan keluar dapat tumpang tindih selama manajemen gudang. Untuk perusahaan yang berurusan dengan pengadaan produk jadi dan menjualnya kepada pelanggan akhir, bagian pertama berada di bawah inbound sementara yang terakhir adalah tentang logistik keluar. Sederhananya, logistik masuk melibatkan akuisisi produk dan logistik keluar mencakup pemenuhan pesanan atau mengirim produk langsung ke pelanggan atau mendistribusikannya ke gerai ritel.

Manajemen persediaan

Tujuan utama dari manajemen inventaris adalah untuk menyimpan barang dengan cara dan kondisi tertentu untuk menjaga kualitasnya dan mencegah pembusukan dan kerusakan. Ini juga termasuk menentukan tempat yang tepat atau gudang keluar untuk penyimpanan barang untuk memudahkan pengambilan dan pengemasan barang.

Transportasi

Ini termasuk menentukan moda dan metode pengangkutan barang jadi dengan mempertimbangkan jenisnya. Misalnya, barang beku atau barang yang mudah rusak membutuhkan jenis kendaraan khusus untuk transportasi keluar.

Pemenuhan pesanan

Proses seperti menerima pesanan dari pelanggan, memilih kendaraan pengiriman, menugaskan pengemudi, dan menentukan rute pengiriman termasuk dalam pemenuhan pesanan.

Pengiriman

Mengirimkan pengiriman keluar ke pelanggan pada waktu yang ditentukan adalah langkah terakhir dari logistik keluar.

Apa saja saluran distribusi yang berbeda dalam logistik outbound?

Bergantung pada kompleksitas logistik, anggaran, kecepatan, dan faktor lainnya, bisnis dapat memilih dari berbagai saluran distribusi keluar. Bisa langsung atau tidak langsung. Distribusi langsung mengharuskan bisnis memiliki infrastruktur dan sumber daya untuk menjual dan mengirimkan produk ke pelanggan secara langsung. Namun, saluran tidak langsung adalah ketika Anda menjual melalui pihak ketiga, seperti grosir atau pengecer. Beberapa saluran distribusi yang populer meliputi-

  • Pengecer bernilai tambah
  • Dealer
  • Omnichannel
  • Distribusi ganda
  • Dropshipping

Perbedaan utama antara logistik keluar dan masuk

Baik logistik keluar maupun masuk memainkan peran penting dalam memastikan keberhasilan manajemen logistik dan profitabilitas bisnis. Berikut adalah beberapa perbedaan di antara keduanya-

logistik keluar vs. logistik masuk

Logistik keluar: 

  • Rendahnya barang keluar.
  • Berfokus pada permintaan.
  • Melibatkan pengiriman sirip barang.
  • Titik kotak untuk logistik keluar sebagai, toko, ritel, 3PL, pelanggan dll.
  • Proses logistik keluar meliputi manajemen inventaris, transportasi, pemenuhan pesanan, dan pengiriman. 

Logistik masuk

  • Arus barang masuk ke dalam
  • Berfokus pada pasokan
  • Berurusan dengan pengumpulan barang mentah
  • Logistik masuk pada akhirnya berhubungan dengan pemasok, produsen, dan pengecer
  • Proses logistik masuk sedang mencari sumbernya pengadaan, dan manajemen matarial dan penempatah material di rak

Tantangan Logistik Keluar

Seperti proses logistik dan manajemen rantai pasokan lainnya, logistik keluar juga memiliki serangkaian tantangan yang unik. Berikut adalah beberapa tantangan yang paling umum

  1. Memantau berbagai proses dan memastikan semuanya tersinkronisasi
  2. Memastikan produk yang tepat menjangkau pelanggan yang tepat pada waktu yang tepat di lokasi yang tepat dan dengan biaya yang tepat
  3. Mempertahankan persediaan yang cukup untuk menyeimbangkan permintaan dan penawaran
  4. Mengendalikan biaya transportasi dengan menemukan inefisiensi
  5. Menawarkan visibilitas real-time kepada pelanggan akhir dan kemampuan untuk melacak dan menelusuri pesanan

Bagaimana cara mengatasi tantangan logistik keluar?

Untuk optimalisasi logistik keluar yang efisien, memperhatikan hubungan Anda dengan semua pemangku kepentingan sangat penting. Yang lebih penting lagi adalah mengadopsi platform yang mendukung teknologi seperti perangkat lunak logistik keluar atau aplikasi logistik keluar ke dalam proses bisnis Anda. Adopsi teknologi diperlukan karena dapat membantu mendigitalkan perencanaan rute pengiriman dan memilih jaringan pengiriman. Selain itu, hal ini juga dapat mengotomatiskan pengaturan dan pemeliharaan jadwal pengiriman, dan yang terpenting, mengurangi biaya pengiriman. Selain itu, ada beberapa poin yang dapat Anda pertimbangkan untuk manajemen dan optimalisasi logistik keluar-

  • Merampingkan dan menyinkronkan proses seperti penahapan, penyortiran, pengemasan, dan pengambilan produk
  • Pilih metode dan strategi manajemen inventaris yang tepat
  • Menjaga hubungan baik dengan para pemangku kepentingan dan membuka komunikasi dua arah
  • Gunakan perangkat lunak manajemen logistik keluar untuk mengotomatiskan berbagai operasi atau proses yang terlibat

Layanan logistik keluar

Mereka yang tidak ingin mengelola logistik keluar dapat memilih untuk mengalihdayakannya. Penyedia layanan logistik keluar mengelola penerimaan, penyimpanan, dan pengemasan produk. 3PL kemudian memulai pengiriman barang melalui berbagai moda transportasi. Setelah produk mencapai tujuan terakhir, langkah selanjutnya adalah melakukan pengiriman akhir di depan pintu pelanggan.

Logistik, memang, adalah salah satu bagian penting dari keseluruhan proses manajemen rantai pasokan. Bagian ini bertanggung jawab atas pengiriman barang yang tepat waktu dan terkendali dari satu tempat ke tempat lain. Untuk manajemen logistik yang efisien, ini dikategorikan menjadi logistik masuk dan keluar. Yang pertama berkaitan dengan sumber dan pengadaan bahan baku untuk produksi barang. Di sisi lain, yang terakhir berkaitan dengan perdagangan barang jadi.

Disadur dari: shipsy.io