Teknologi yang Sesuai: Solusi Mandiri dan Berkelanjutan untuk Pembangunan

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

19 Maret 2024, 09.53

Sumber: id.wikipedia.org

Teknologi tepat guna adalah suatu proyek (dan perwujudannya) yang melibatkan pemilihan dan penerapan teknologi berbiaya rendah, berbiaya rendah, berbiaya rendah, efisien, hemat energi, dan ramah lingkungan. , bersifat independen lokal. Teknologi ini pertama kali digambarkan sebagai teknologi perantara oleh ekonom Ernst Friedrich "Fritz" Schumacher dalam bukunya yang berjudul Small Is Beautiful. Schumacher dan banyak pendukung teknologi yang adil saat ini menekankan bahwa teknologi hanyalah milik manusia.

Teknologi keadilan telah digunakan untuk memecahkan masalah dalam berbagai konteks. Contoh penting penerapan teknologi yang relevan mencakup sepeda dan pompa air yang dioperasikan dengan tangan (dan perangkat otonom lainnya), sepeda, pemecah kacang universal, lampu LED dan banyak lagi, serta desain arsitektur bertenaga surya. Saat ini, teknologi yang kompatibel seringkali dikembangkan dengan menggunakan prinsip open source, sehingga mengarah pada Open Source Kompatibel Technologies (OSAT), teknologi tersebut hanya dapat ditemukan di Internet. OSAT merupakan model baru yang memungkinkan inovasi dalam pembangunan berkelanjutan dari negara berkembang ke negara berkembang. Namun, perubahan teknologi yang diperlukan dapat dilihat di negara maju dan berkembang. 

Di negara-negara berkembang, krisis energi pada tahun 1970an mendorong berkembangnya gerakan berbasis teknologi yang berfokus pada isu-isu lingkungan dan keberlanjutan. Ada banyak cara berpikir saat ini. Dalam beberapa konteks, teknologi tepat guna didefinisikan sebagai tingkat teknologi paling sederhana yang dapat mencapai tujuan yang diinginkan, sementara dalam konteks lain, rekayasalah yang secara langsung mempertimbangkan dampak sosial dan lingkungan. Kualitas ini dihubungkan oleh soliditas dan stabilitas.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org