Teknologi yang Sesuai: Solusi Mandiri dan Berkelanjutan untuk Pembangunan

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

24 April 2024, 12.49

Sumber: id.wikipedia.org

Teknologi yang sesuai adalah sebuah gerakan (dan manifestasinya) yang mencakup pilihan dan penerapan teknologi yang berskala kecil, terjangkau oleh penduduk setempat, terdesentralisasi, intensif tenaga kerja, efisien energi, berkelanjutan secara lingkungan, dan mandiri secara lokal. Awalnya, konsep ini diungkapkan sebagai teknologi menengah oleh ekonom Ernst Friedrich "Fritz" Schumacher dalam karyanya yang berjudul "Small Is Beautiful". Baik Schumacher maupun banyak pendukung teknologi yang sesuai pada masa kini juga menekankan bahwa teknologi harus berpusat pada manusia.

Teknologi yang sesuai telah digunakan untuk mengatasi masalah dalam berbagai bidang. Contoh-contoh terkenal dari aplikasi teknologi yang sesuai meliputi: pompa air yang digerakkan oleh sepeda dan tenaga manusia (serta peralatan lain yang ditenagai sendiri), sepeda, alat pengupas kacang universal, lampu surya mandiri dan lampu jalan, serta desain bangunan pasif surya. Saat ini, teknologi yang sesuai sering dikembangkan dengan prinsip open source, yang telah mengarah pada teknologi yang sesuai open-source (OSAT), sehingga banyak rencana teknologi tersebut dapat ditemukan secara bebas di Internet. OSAT telah diusulkan sebagai model baru untuk memungkinkan inovasi dalam pembangunan berkelanjutan.

Teknologi yang sesuai paling sering dibahas dalam hubungannya dengan pembangunan ekonomi dan sebagai alternatif terhadap transfer teknologi yang lebih intensif modal dari negara-negara industri ke negara-negara berkembang. Namun, gerakan teknologi yang sesuai dapat ditemukan baik di negara-negara berkembang maupun negara-negara maju. Di negara-negara maju, gerakan teknologi yang sesuai tumbuh keluar dari krisis energi pada tahun 1970-an dan terutama berfokus pada isu lingkungan dan keberlanjutan. Saat ini, gagasan ini memiliki banyak aspek; dalam beberapa konteks, teknologi yang sesuai dapat dijelaskan sebagai tingkat teknologi yang paling sederhana yang dapat mencapai tujuan yang dimaksudkan, sedangkan dalam konteks lain, hal itu dapat merujuk pada teknik yang mempertimbangkan dengan memadai dampak sosial dan lingkungan. Aspek-aspek tersebut terhubung melalui kekokohan dan kehidupan yang berkelanjutan.

Pemimpin ideologis India, Mahatma Gandhi, sering disebut sebagai "bapak" dari gerakan teknologi yang sesuai. Meskipun konsep tersebut belum diberi nama, Gandhi menganjurkan penggunaan teknologi kecil, lokal, dan yang didominasi oleh desa untuk membantu desa-desa di India menjadi mandiri. Ia tidak setuju dengan ide teknologi yang memberikan manfaat bagi sebagian kecil orang dengan mengorbankan mayoritas atau yang menganggurkan orang untuk meningkatkan keuntungan. Pada tahun 1925, Gandhi mendirikan All-India Spinners Association dan pada tahun 1935 ia pensiun dari politik untuk membentuk All-India Village Industries Association. Kedua organisasi tersebut berfokus pada teknologi berbasis desa yang serupa dengan gerakan teknologi yang sesuai di masa depan.

Cina juga menerapkan kebijakan yang mirip dengan teknologi yang sesuai selama pemerintahan Mao Zedong dan Revolusi Budaya yang mengikutinya. Selama Revolusi Budaya, kebijakan pembangunan berdasarkan gagasan "berjalan dengan dua kaki" menganjurkan pengembangan pabrik berskala besar dan industri desa berskala kecil.

Disadur dari Artikel : en.wikipedia.org