Teknologi Inovatif Mendorong Percepatan Digitalisasi

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

15 Maret 2024, 09.42

Sumber: Foto: Universitas Nusa Mandiri

Perguruan tinggi merupakan landasan utama bagi pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memimpin akselerasi transformasi digital. Kampus-kampus dengan fokus pada teknologi informasi dan komputer menjadi pendorong utama dalam proses transformasi ini.

Universitas Nusa Mandiri (UNM), yang dikenal sebagai institusi pendidikan yang mengutamakan inovasi teknologi informasi, memiliki kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Sebagai tuan rumah Rakornas Aptikom 2021, UNM berupaya untuk bekerja sama dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia guna mendukung percepatan transformasi digital. Dr. Dwiza Riana, selaku rektor UNM, menjelaskan bahwa Aptikom adalah platform bagi perguruan tinggi yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komputer. Melalui kerjasama ini, mereka berusaha untuk memajukan otomatisasi dan digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

UNM bertekad untuk memainkan peran penting dalam mempersiapkan SDM yang unggul di bidang teknologi informasi. Mereka telah melakukan berbagai upaya, termasuk kolaborasi dengan industri untuk menyediakan lulusan yang berkualitas, program pertukaran pelajar dengan perguruan tinggi luar negeri, dan pembinaan internal untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam menghadapi perkembangan teknologi.

Melalui kegiatan seperti Nusamandiri Entrepreneur Center (NEC), Nusamandiri Career Center (NCC), Nusamandiri Inovation Center (NIC), dan Nusamandiri Startup Center (NSC), UNM berusaha mendorong semangat inovasi dan kreativitas mahasiswa. Partisipasi UNM dalam Rakornas Aptikom 2021 memperkuat komitmen mereka untuk menciptakan lulusan yang unggul di bidang teknologi digital. Dengan sinergi antara tujuan Aptikom dan visi misi UNM, institusi ini telah merancang kurikulum yang mendukung percepatan transformasi digital.


Disadur dari: www.republika.co.id