Sukses Belajar Online: 4 Tips Efektif bagi Mahasiswa Baru

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

23 Februari 2024, 16.05

Sumber: kompas.com

Mahasiswa baru harus tetap mengikuti perkuliahan daring hingga kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia membaik. Meski tidak bisa mengunjungi universitas dan bertemu dengan sesama mahasiswa, namun mahasiswa baru tetap antusias mengikuti perkuliahan online. Akun Instagram resmi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada Senin (8 September 2021) membagikan tips seru menghadapi perkuliahan daring bagi mahasiswa baru. Yuk simak ikhtisarnya berikut ini.

Tips kuliah online bagi mahasiswa baru

1. Datang tepat waktu untuk perkuliahan

Datang tepat waktu untuk perkuliahan adalah wajib bagi mahasiswa. Tentu saja hal ini lebih mudah dilakukan, apalagi di iklim perkuliahan daring seperti sekarang ini, karena tidak perlu bepergian ke ruang kelas. Hal ini juga menunjukkan rasa hormat terhadap guru. Pastikan untuk melengkapi partisipasi Anda.

2. Ciptakan suasana yang nyaman

Karena situasi pandemi saat ini, perkuliahan diadakan secara online, sehingga penting untuk menciptakan suasana yang nyaman untuk belajar.

Pastikan ruang belajar rapi dan bersih sehingga suasana hati Anda baik Anda juga bisa mencari suasana baru dengan mengunjungi kedai kopi atau ruang kerja lainnya. Namun pastikan perkuliahan online tidak terganggu oleh suara.

3. Hilangkan gangguan

Kuliah online mengharuskan kita memperhatikan penjelasan dosen melalui layar gawai atau laptop. Hal ini memerlukan fokus khusus karena komunikasi online tidak bisa sama dengan komunikasi tatap muka. Jadi hilangkan gangguan yang tidak perlu seperti menelusuri timeline media sosial dan melakukan hal-hal membosankan lainnya. Anda tetap perlu fokus memperhatikan penjelasan dosen agar dapat menyerap informasi yang diberikan secara maksimal.
.
Disadur dari Artikel : kompas.com