Subsektor Perkebunan: Kopi Menjadi Komoditas Unggulan Sumatera Utara

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

16 Mei 2024, 10.14

Sumber: pexels.com

Salah satu komponen dari indikator terwujudnya UPLAND Project adalah peningkatan produktifitas dan ketahanan pangan yang meliputi: Pengembangan infrastruktur lahan dan air, serta produksi dan pengelolaan pertanian. Pada produksi dan pengelolaan pertanian, penyediaan komoditas unggulan yang dapat terukur dengan melihat kondisi geografis dataran tinggi pada setiap wilayah menjadi penting dilakukan. Subsektor perkebunan sebagai bagian dari sektor pertanian yang memiliki peran aktif untuk meningkatkan perekonomian wilayah. 

Untuk dapat meningkatkan kemakmuran yang lebih seimbang dan merata, maka diperlukan perencanaan pembangunan dengan kebijakan-kebijakan yang dapat merangsang perkembangan wilayah sesuai dengan potensi masing-masing wilayah. Misalnya pada wilayah Sumatra Utara. Subsektor perkebunan menjadi salah satu subsektor paling diprioritaskan untuk dijadikan sebagai subsektor unggulan dataran tinggi Sumatera Utara. Sumatera Utara menjadi satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia setelah Sumatera Selatan dan Lampung.

Komoditas yang termasuk subsekor perkebunan berdasarkan data yang diperoleh dari BPS Sumatera Utara, meliputi Kelapa Sawit, Kelapa, Karet, Kopi Arabika, Kopi Robusta dan Kakao. 

Pada subsektor perkebunan dataran tinggi, Kopi robusta dan Kopi arabika menjadi salah satu produk yang memiliki peluang pasar di dalam negeri maupun luar negeri. Kopi arabika menjadi komoditas unggulan tertinggi pada subsektor perkebunan. Komoditas kopi arabika dirasa cocok ditanam di daerah tersebut. 

Selain itu adanya dukungan teknologi dalam budidaya dan penanganan pasca panen. Salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang memiliki hasil kopi terbaik adalah kabupaten Karo. Produksi kopi di Kabupaten Karo pada tahun 2016 memberikan kontribusi sebesar 13,96% dari 50.405 ton produksi kopi di Sumatera Utara. Pada tingkat Provinsi, subsektor pekebunan di dataran tinggi Sumatera Utara, Kopi masih menjadi komoditas unggulan pertanian.

Menurut data BPS lainnya, Sumatera Utara telah menyumbang sebesar 72,34 ribu ton terhadap total produksi Kopi selama tahun 2010 hingga 2019 dan terus mengalami peningkatan. Peningkatan produksi tersebut didukung oleh luasnya area pertanaman Kopi di Sumatera Utara.

Sumber: https://upland.psp.pertanian.go.id/