Studi Tata Letak Pabrik

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

24 Agustus 2022, 14.43

Pabrik baja Lackawanna, 1903. (Wikipedia)

Studi tata letak pabrik adalah studi teknik yang digunakan untuk menganalisis konfigurasi fisik yang berbeda untuk pabrik manufaktur.  Ini juga dikenal sebagai Perencanaan dan Tata Letak Fasilitas.

Ringkasan

Kemampuan untuk merancang dan mengoperasikan fasilitas manufaktur yang dapat dengan cepat dan efektif beradaptasi dengan perubahan teknologi dan kebutuhan pasar menjadi semakin penting bagi keberhasilan setiap organisasi manufaktur. Dalam menghadapi siklus hidup produk yang lebih pendek, variasi produk yang lebih tinggi, permintaan yang semakin tidak terduga, dan waktu pengiriman yang lebih pendek, fasilitas manufaktur yang didedikasikan untuk satu lini produk tidak dapat lagi menghemat biaya. Efisiensi investasi sekarang mengharuskan fasilitas manufaktur dapat berpindah dengan cepat dari satu lini produk ke lini produk lainnya tanpa retooling besar, konfigurasi ulang sumber daya, atau penggantian peralatan.

Efisiensi investasi juga mengharuskan fasilitas manufaktur dapat secara bersamaan membuat beberapa produk sehingga produk dengan volume yang lebih kecil dapat digabungkan dalam satu fasilitas dan fluktuasi dalam bauran produk dan volume dapat lebih mudah diakomodasi. Singkatnya, fasilitas manufaktur harus mampu menunjukkan tingkat fleksibilitas dan ketahanan yang tinggi meskipun ada perubahan signifikan dalam persyaratan operasinya.

Di sektor industri, penting untuk menghasilkan produk yang berkualitas baik dan memenuhi permintaan pelanggan. Tindakan ini dapat dilakukan di bawah sumber daya yang ada seperti karyawan, mesin dan fasilitas lainnya. Namun, perbaikan tata letak pabrik, bisa menjadi salah satu alat untuk merespon peningkatan produktivitas industri. Perancangan tata letak pabrik telah menjadi dasar fundamental dari pabrik industri saat ini yang dapat mempengaruhi bagian dari efisiensi kerja. Hal ini diperlukan untuk secara tepat merencanakan dan menempatkan karyawan, bahan, mesin, peralatan, dan pendukung dan fasilitas manufaktur lainnya untuk menciptakan tata letak pabrik yang paling efektif.

Produk yang akan diproduksi mempengaruhi pilihan tata letak.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org