Strategi Pengurangan Kemacetan Lalu Lintas dan Kendali Sinyal Real-Time dalam Pengelolaan Transportasi Kota

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

25 April 2024, 13.51

Sumber: id.wikipedia.org

Beberapa teknik ada untuk mengurangi penundaan lalu lintas. Umumnya, algoritma-algoritma tersebut berusaha mengurangi penundaan, berhenti, emisi gas buang, atau beberapa ukuran efektivitas lainnya. Banyak perangkat lunak optimisasi ditujukan untuk sistem terkoordinasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Biasanya, optimisasi sinyal di sepanjang jalan merupakan tugas yang menantang dan mahal, karena sumber-sumber pemantauan lalu lintas terbatas pada loop induktif, kamera, atau penghitungan manual. Namun, berkat kemajuan teknologi informasi baru-baru ini, perangkat portabel dengan komunikasi Bluetooth dan Wi-Fi menjadi lebih umum, memungkinkan pemantauan lalu lintas yang kontinu dan penyesuaian waktu sinyal lalu lintas secara real-time.

Dengan meletakkan sensor di sepanjang jalan, melacak perangkat Bluetooth dan Wi-Fi pada kendaraan yang lewat, solusi ini mampu mendeteksi dan mencatat dengan akurat berapa lama mobil mengendarai koridor, segmen demi segmen dan secara total. Ini menyediakan data historis untuk metode pengaturan waktu tradisional tetapi juga memungkinkan umpan balik secara real-time terhadap perubahan dalam program sinyal bersama dengan kemampuan untuk terus menerus mendeteksi tingkat lalu lintas dan waktu tempuh untuk memicu transisi antar program.

Kepadatan lalu lintas di kota dapat menjadi bagian yang paling menyebalkan dari hidup di daerah perkotaan. Solusi untuk kemacetan lalu lintas kota adalah campuran yang seimbang antara opsi transportasi umum yang diperluas, pekerjaan jarak jauh, pusat berbeda dalam area metro, dan tol elektronik. Transportasi umum akan membantu para pekerja tiba dengan aman di tempat kerja mereka sambil menghilangkan stres kemacetan lalu lintas. Jalan tol, terutama yang memiliki tarif tol yang berfluktuasi bergantung pada waktu hari dan/atau tingkat lalu lintas, juga membantu meningkatkan tingkat lalu lintas dengan mencegah beberapa orang dari mengemudi di jalan raya. Beberapa orang mungkin memilih untuk bekerja secara jarak jauh, atau menyelesaikan pekerjaan mereka pada waktu yang berbeda. Terakhir, pusat bisnis yang berbeda di dalam area metro dapat membantu mengurangi kemacetan lalu lintas dengan mengarahkannya ke beberapa lokasi berbeda, daripada satu lokasi yang terpusat. Kota-kota yang menghabiskan waktu dan sumber daya untuk membuat perjalanan efisien di dalam batas wilayah mereka akan menarik penduduk yang lebih sehat, lebih kaya, dan lebih bahagia.

Kendali lalu lintas real-time

Beberapa sistem mampu memantau kedatangan lalu lintas dan menyesuaikan waktu berdasarkan input yang terdeteksi. Detektor Lalu Lintas dapat bervariasi dari Detektor Logam hingga Detektor yang menggunakan Deteksi Gambar. Detektor logam adalah yang paling populer digunakan. Perangkat deteksi gambar memiliki banyak masalah termasuk degradasi selama cuaca buruk dan pencahayaan.

Sistem sinyal yang diaktifkan oleh lalu lintas menggunakan detektor untuk menyesuaikan waktu untuk:

  1. Hanya jalan utama - sistem semi-aktif

  2. Baik jalan utama maupun persimpangan - sistem sepenuhnya aktif.

Metode di atas adalah optimisasi sinyal real-time primitif pada dasarnya. Metode ini akan mengoptimalkan satu sinyal lalu lintas pada satu waktu. Namun, dalam dunia nyata, perjalanan seorang pengemudi melibatkan melewati beberapa sinyal. Dengan demikian, beberapa sinyal lalu lintas harus disinkronkan secara kolektif agar efektif. Salah satu sistem tersebut yang telah mendapatkan popularitas signifikan di Amerika Serikat adalah InSync.

Disadur dari Artikel : en.wikipedia.com