Strategi Pemindahan Ibu Kota Negara: Mewujudkan Pusat Ekonomi Baru dan Berkelanjutan di Kalimantan Timur

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

16 April 2024, 09.18

Sumber: antaranews.com

Pemerintah berencana memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur untuk menciptakan pusat perekonomian baru yang lebih terpusat dan berkelanjutan. Hal tersebut disampaikan Direktur Pembangunan Daerah Bappena Rudy Prawiradinata dalam obrolan Hejma Nusantara yang disiarkan online, Rabu.

Menurut Rudy, langkah IKN ini juga merupakan strategi untuk mencapai visi Indonesia Maju 2045, dimana Indonesia bisa menjadi negara maju kelima di dunia. Bappenas telah menyusun 8 prinsip dan 24 KPI terkait pengembangan IKN yang fokus pada keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan perlindungan lingkungan.

Rudy menambahkan, Bappenas memutuskan untuk mengembalikan fungsi hutan di kawasan IKN agar 75 persen kawasannya menjadi kawasan hijau. Bappenas juga menambahkan Soeharto Mt. sebagai kawasan IKN untuk memudahkan pemeliharaannya. Dalam jangka panjang, Bappenas memperkirakan IKN bersama Balikpapan dan Samarinda akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru dan kawasan metropolitan pada tahun 2045.

Sumber: antaranews.com