Solusi Digital untuk Industri Semen: Mengoptimalkan Produksi dan Efisiensi dengan IoT, Rekayasa Pabrik Terintegrasi, dan Otomatisasi

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

30 April 2024, 08.49

Sumber: www.innomotics.com

Solusi digital

Bagi banyak cabang industri, Internet of Things (IoT) dipandang sebagai ujung tombak revolusi di bidang manufaktur. IoT merupakan bagian penting dari inisiatif yang disebut Industrie 4.0 - sebuah inisiatif industri otomasi Jerman. Tujuannya adalah untuk menentukan jalan ke depan bagi perusahaan manufaktur di era Internet. Elemen intinya adalah industri proses menjadi lebih cerdas. Perusahaan semen juga bisa mendapatkan keuntungan dari digitalisasi yang membantu mengatasi tantangan yang dihadapi industri ini, misalnya permintaan untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, optimalisasi, dan waktu siklus hidup. Solusi digitalisasi kami tidak hanya memfasilitasi penghematan bahan baku dan energi hingga 20%, tetapi juga secara bersamaan memastikan kualitas terbaik. Digitalisasi adalah perjalanan yang dilakukan Innomotics bersama dengan pelanggan semen.

 

Rekayasa pabrik terintegrasi - menghubungkan data

Rekayasa pabrik terintegrasi memberikan berbagai disiplin ilmu insinyur pabrik dengan aliran data yang berkelanjutan yang memenuhi kebutuhan spesifik mereka di seluruh fase desain yang lengkap. Data yang terhubung ini memberikan kesempatan untuk melakukan tur 3D di dalam pabrik melalui kembaran digital pabrik yang dibuat selama proses rekayasa sebelum pabrik yang sebenarnya ada, dan memberikan pelatihan sebelumnya.

Dengan bantuan data yang terhubung, proyek otomasi dapat dibuat sehingga tidak perlu lagi melakukan pekerjaan rekayasa manual. Data yang sangat terintegrasi ini dapat digunakan sebagai sumber data untuk manajemen pemeliharaan pabrik di masa depan.

 

Otomatisasi - dasar yang kokoh

Dalam industri semen, dasar untuk perjalanan menuju digitalisasi dimulai dengan otomatisasi. Oleh karena itu, otomatisasi dapat dilihat sebagai otak, yang mengumpulkan semua data dengan jaringan sensor dan instrumen yang saling terkait erat sebagai mata dan telinga, serta sistem penggerak yang terintegrasi sebagai otot. Digitalisasi hanya mungkin dilakukan dengan solusi otomasi yang solid. CEMAT berdasarkan SIMATIC PCS7, sistem kontrol proses Siemens yang telah terbukti dengan baik sangat sesuai dengan kebutuhan ini.

Optimalisasi potensi produksi

Sistem kontrol proses yang inovatif CEMAT berdasarkan teknologi SIMATIC PCS 7 merupakan solusi terbaik untuk optimalisasi potensi produksi dalam produksi semen. Semua komponen fungsi yang diperlukan sudah ada di dalam sistem dan terstandardisasi, bahkan untuk tugas-tugas pengoptimalan proses khusus. Hal ini termasuk optimalisasi pasokan bahan bakar untuk oven - dengan bahan bakar fosil atau bahan bakar alternatif - serta optimalisasi pabrik.

CEMAT memungkinkan kontrol proses berwawasan ke depan yang secara otomatis memberikan hasil yang lebih tinggi dengan tetap menjaga kualitas produk. Penggunaan energi dan bahan baku dapat dikurangi secara substansial; persyaratan kualitas dapat ditetapkan pada tingkat yang tinggi dan produksi diatur dengan cara yang lebih fleksibel.

Disadur dari: www.innomotics.com