Sepuluh Startup Indonesia yang Diprediksi Menjadi Pemain Besar di Asia Pasifik

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

18 Maret 2024, 08.38

Sumber: m.medcom.id

Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi lonjakan signifikan dalam ekonomi digital Indonesia. Pada satu dekade yang lalu, jumlah orang yang mengakses internet kurang dari 25 juta. Namun, saat ini angka tersebut telah mencapai lebih dari 212 juta orang, atau lebih dari 70% dari populasi, menurut data dari Bank Dunia yang dilaporkan oleh CNBC Indonesia. Bukan hanya itu, keberadaan startup digital juga mengalami peningkatan yang pesat. Contohnya, Bukalapak, platform e-commerce yang berhasil mengumpulkan US$1,5 miliar saat menjadi unicorn pertama yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada bulan Agustus 2021. Total komunitas startup di Indonesia pun telah tumbuh menjadi lebih dari 5.400 bisnis.

Menurut Susanto, Head of Clients and Markets and Insurance Practice Leader di KPMG Indonesia, situasi ini mirip dengan apa yang terjadi di China pada tahun 2000-an. Indonesia saat ini sedang mengalami fase awal dari perkembangan industri digitalnya. Industri ini diprediksi akan terus mengalami percepatan. Pendapatan perdagangan e-commerce Indonesia mencapai US$275 miliar pada tahun 2021 dan diperkirakan akan tumbuh sekitar 20% hingga 25% setiap tahun dalam beberapa tahun ke depan.

Pertumbuhan ini didorong oleh ekspansi cepat kelas menengah dan pertumbuhan yang berkelanjutan dari jumlah pengguna internet dan smartphone di Indonesia. Dalam laporan yang diterbitkan oleh KPMG bersama HSBC, startup Indonesia diprediksi akan menjadi "raksasa-raksasa" baru di Asia Pasifik. Mereka berasal dari berbagai industri seperti e-commerce, fintech, foodtech, dan SaaS.

Daftar startup RI calon raksasa Asia Pasifik

Dalam menentukan startup yang berpotensi menjadi raksasa, KPMG dan HSBC menggunakan lima kriteria. Ini mencakup keunggulan dalam teknologi dan pengetahuan, pemahaman yang mendalam terhadap pasar lokal, keahlian dalam logistik dan rantai pasok, kemampuan dalam menyesuaikan model bisnis, serta budaya perusahaan yang mampu menarik para talenta terbaik.

Berikut daftarnya :

  1. Waresix (logistik)
  2. Stockbit (aplikasi investasi)
  3. Payfazz (fintech)
  4. BukuWarung (aplikasi pembukuan)
  5. Happy Fresh (e-grocery)
  6. Ralali (B2B e-commerce)
  7. Upbanx (fintech untuk kreator)
  8. Sirclo (e-commerce enabler)
  9. OY! (transfer dana)
  10. AwanTunai (p2p lending)


Disadur dari: cnbcindonesia.com