Sejarah dan Perkembangan Bus: Dari Kendaraan Kuda hingga Transportasi Modern

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

04 April 2024, 13.08

Sumber: id.wikipedia.com

Bus atau omnibus (diucapkan multibus, autobus atau motobus; diucapkan /bas/ atau /bəs/; bus ejaan non-standar) adalah kendaraan darat yang dirancang untuk mengangkut penumpang dalam jumlah besar. Kapasitas bus adalah 30 orang. Jenis bus yang paling umum adalah bus tingkat. Untuk pengangkutan muatan berat disediakan bus tingkat dan bus gandeng, sedangkan muatan kecil diangkut dengan bus dan minibus. Bus yang lebih besar digunakan untuk layanan jarak jauh. Ada banyak jenis bus yang membebankan tarif, termasuk bus antar kota dan antar kota. Bus jenis lain seperti bus sekolah atau bus sekolah tidak selalu berbayar. Di banyak wilayah hukum, pengemudi bus harus mengajukan surat izin mengemudi atau izin khusus selain surat izin mengemudi biasa.

Bus dapat digunakan untuk perjalanan kota atau jarak jauh terjadwal. terorganisir, ke sekolah, retret atau kunjungan. Bus promosi mungkin digunakan untuk tujuan politik, sementara yang lain mungkin digunakan untuk tujuan lain, termasuk kendaraan tur grup musik rock dan pop.

Bus komersial telah digunakan sejak tahun 1820-an, diikuti tahun 1830-an. Dan pada tahun 1882, bus pertama kali digunakan. bus listrik lahir. Pada tahun 1895 sepeda motor pertama dengan mesin pembakaran internal digunakan. Dalam beberapa tahun terakhir, bus listrik, bahan bakar, dan listrik hibrida telah dikembangkan, termasuk bus yang menggunakan energi alam. Gas atau biodiesel. Pada tahun 2010-an, produksi bus menjadi semakin populer di seluruh dunia, dan model serupa muncul di seluruh dunia.

Etimologi

Bus berasal dari kata Latin omnibus ("untuk semua"), omnis-e ("untuk semua"). "). serbaguna. ). Nama lengkap idenya adalah omnibus voiture Perancis ("mobil untuk semua" atau "mobil untuk rakyat"). Nama tersebut berasal dari layanan angkutan umum yang dimulai pada tahun 1823 oleh Stanislas Baudry, pemilik pabrik jagung Perancis di Richebourg, pinggiran kota Nantes, Perancis. Produk dari pabriknya adalah air panas, dan dia memulai bisnis spa sampingan. Untuk menyemangati pelanggannya, ia memulai layanan pengangkutan dari kota Nantes ke kantornya. Mobil berhenti di depan sebuah dealer bernama Omnés. Tanda tersebut menampilkan tanda besar bertuliskan "Omnes Omnibus", yang mirip dengan kata Latin. Omnes adalah bahasa Latin untuk nominatif maskulin dan feminin, verbal dan akusatif. Kata omnis-e (semua) dihubungkan dengan bentuk jamak omnibus, yang berarti "untuk semua", menamai toko tersebut "Omnés para todos". Rencana transportasinya sukses besar, tetapi tidak berjalan sesuai harapannya, karena sebagian besar penumpang tidak pergi ke kamar mandi. Dia mengubah layanan antar-jemput menjadi bisnis inti yang menguntungkan, menutup pabrik dan layanan spa. Masyarakat Nantes langsung menyebut kendaraan ini sebagai "Omnibus". Setelah memastikan keberhasilan konsep ini, Baudry pindah ke Paris dan memulai layanan omnibus pertama di sana pada bulan April 1828. Layanan serupa diperkenalkan di London pada tahun 1829.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.com