Satu Galon Sebenarnya Berapa Liter? Inilah Jawaban dan Penjelasannya

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

04 Agustus 2022, 15.57

bekasi.pikiran-rakyat.com

Jakarta - Berapa liter isi dalam 1 galon? Pertanyaan semacam ini kerap muncul di benak kebanyakan orang. Meskipun jawabannya terlihat sederhana, tetapi dalam praktiknya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam menjawab pertanyaan ini.

Untuk menentukan berapa liter dalam 1 galon, hendaknya kita harus mengetahui satuan galon yang digunakan. Apabila memandang dari lingkup universal, secara umum terdapat 2 jenis standar ukuran galon, antara lain galon standar Inggris (UK) dan galon versi Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari laman Science Trends, 1 galon biasa versi Amerika Serikat sama dengan 3,7854118 liter. Sementara 1 galon standar Inggris yakni 5,54609 liter.

 

Galon merujuk kepada satuan ukur volume dengan singkatan "gal". Meskipun begitu, nilai galon tentu berbeda beda di setiap negara, sehingga tak bisa digunakan sebagai satuan baku bagi volume.

Secara bahasa, galon berasal dari kata 'galun' dalam bahasa Prancis. Dalam bahasa Inggris Kuno disebut dengan "gellet" dan "jale" dalam bahasa Perancis Kuno.

Liter merupakan satuan volume dalam sistem pengukuran standar internasional. Volume satu liter sama dengan 1000 cm³ atau satu desimeter kubik.

Liter didefinisikan sebagai volume yang dimiliki oleh 1 kg air, sebagaimana pada tekanan standar dan kepadatan puncak. Oleh karena itu, 1 liter air umumnya mempunyai berat sebesar 1 kg.

Penggunaan satuan liter biasanya sebagai pengukur volume barang sesuai dengan wadahnya, baik itu carian ataupun kumpulan padatan yang dengan mudah dituangkan dari 1 wadah ke wadah lainnya. Satuan liter bisa disebut dengan sentimeter kubik, adapun pengukuran liter lainnya seperti hektoliter, dekaliter, megaliter serta kiloliter.

 

Lantas, berapa liter dalam satu galon?

Baik galon ataupun liter masuk ke dalam satuan volume, sehingga sangat memungkinkan bagi keduanya untuk diubah. Ketika mengonversinya pun, harus ada standar yang dipilih.

Standar yang dipilih ini sebagaimana disebutkan di atas, ada yang namanya galon versi Inggris dan versi Amerika. Bobot keduanya tentu berbeda.

Jika berbicara kepada galon air mineral di Indonesia dengan ragam merk yang berbeda, mereka tentu mempunyai volume isi tersendiri. Hal tersebut sesuai dengan masing masing standar perusahaan mereka.

Contohnya, 1 galon Aqua berisi sebanyak 19 liter air. Volume itu diperuntukkan sebagai konsumsi air untuk 1 keluarga.

Tetapi, tetap saja perhitungan tersebut tak bisa menjawab pertanyaan dengan bobot galon itu sendiri.

 


Disadur dari sumber detik.com