Riwayat dan Revolusi Bus Tingkat di Indonesia: Dari Kota Metropolitan hingga Transportasi Antarkota

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

04 April 2024, 12.49

Sumber: id.wikipedia.com

Bus tingkat merupakan bus tingkat yang mampu mengangkut penumpang lebih banyak dibandingkan dengan bus tingkat atau single decker. Sejak tahun 1980an, bus tingkat telah digunakan di banyak kota di Indonesia, antara lain Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Solo, dan Makassar, namun hanya digunakan sebagai bus kota, bukan sebagai bus antar kota. saat ini.

Bus ini dibuat di London, Inggris, dan telah banyak digunakan di Hong Kong, Singapura, Sri Lanka, Kanada, Jerman, dll., dan baru-baru ini banyak digunakan untuk bus wisata. Terdapat juga bus tanpa atap di lantai dua sehingga wisatawan dapat melihat pemandangan lebih baik dari lantai dua.

Layanan bus tingkat di Indonesia

Bus tingkat mulai ada di Indonesia pada tahun 1968. , Sementara itu, menyediakan jasa transportasi dalam kota Jakarta. Bus tersebut didatangkan langsung dari pabrikan Leyland di Inggris dan Volvo di Swedia. Kemudian, pada awal tahun 1981, bus juga diperbolehkan melakukan perjalanan dalam kota di Kota Surabaya, Medan, dan Semarang. Namun pada pertengahan tahun 1990-an, bus tingkat ini mulai mengalami penurunan karena tingginya biaya pemeliharaan dan harga tiket yang mahal.

Angkutan umum bus tingkat

Setelah lebih dari 20 tahun, bus tingkat menjadi populer. dan akhirnya hidup. Pada tahun 2015, Sempati Star, sebuah perusahaan sepeda motor di Medan, Sumatera Utara, membeli bus Indian Passenger Services, bus tingkat baru berbadan Adi Putro yang dibangun dengan mesin Mercedes Benz OC 500 RF 2542. Belakangan, bus tingkat tersebut digunakan. untuk mengangkut penumpang rute Aceh-Medan dan sejak itu banyak perusahaan sepeda motor ternama di India lainnya yang menggunakan bus untuk jasa transportasinya.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.com