Risiko Perebutan Mineral - mineral Penting

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

10 Mei 2024, 13.29

Sumber: www.eurasiagroup.net

Pada tahun 2024, pemerintah di seluruh dunia akan mengambil langkah-langkah proteksionis yang mengganggu aliran mineral penting, meningkatkan volatilitas harga, dan membentuk kembali rantai pasokan hilir.

Mineral penting berada di bagian hulu dari hampir semua sektor yang akan mendorong pertumbuhan, inovasi, dan keamanan nasional di abad ke-21, mulai dari energi bersih hingga komputasi canggih, bioteknologi, transportasi, dan pertahanan. Ekstraksi bahan baku penting ini didistribusikan secara asimetris di seluruh wilayah geografis, dengan satu negara menambang setidaknya setengah dari lithium (Australia), kobalt (Republik Demokratik Kongo), nikel (Indonesia), dan elemen tanah jarang (Tiongkok). Sementara itu, sekitar 60% hingga 90% dari sebagian besar mineral penting diproses dan dimurnikan di Tiongkok.

Sifat penambangan, pengolahan, dan pemurnian mineral kritis yang sangat terkonsentrasi membuat rantai pasokan mineral rentan terhadap kemacetan dan chokepoints. Tetapi tidak semua mineral penting diciptakan sama. Beberapa mineral seperti galium dan germanium-yang digunakan dalam semikonduktor dan panel surya-dapat ditukar sebagian dengan elemen lain jika terjadi kelangkaan pasokan.

Namun, yang lainnya seperti lithium dan grafit - “logam baterai” yang penting untuk produksi kendaraan listrik - kurang dapat digantikan. Rantai pasokan yang paling rentan adalah untuk logam tanah jarang yang khusus, tidak likuid, dan didominasi oleh Tiongkok seperti neodymium dan dysprosium, yang diperlukan dalam segala hal mulai dari elektronik konsumen hingga aplikasi pertahanan berteknologi tinggi.

Permintaan mineral penting telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir karena negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa telah mulai mensubsidi manufaktur domestik untuk meningkatkan sektor komputasi canggih dan energi bersih mereka di tengah meningkatnya persaingan teknologi mereka dengan Tiongkok.

Namun, kemampuan negara-negara ini untuk memenuhi lonjakan permintaan mineral yang diciptakan oleh kebijakan-kebijakan industri ini dipersulit oleh ketergantungan mereka pada mineral yang dikendalikan oleh Tiongkok. Hal ini merupakan kerentanan strategis yang begitu dalam sehingga Pentagon telah mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu secara langsung membiayai operasi penambangan dan pemurnian.

Negara-negara yang bersekutu dengan AS juga telah menandatangani kesepakatan multilateral seperti Kemitraan Keamanan Mineral yang dimaksudkan untuk meningkatkan pasokan di dalam negeri dan dari mitra dagang yang bersahabat. Namun, dalam kedua kasus tersebut, waktu tunggu yang lama untuk proyek-proyek pertambangan dan pemurnian baru memastikan bahwa upaya-upaya ini tidak akan segera memperbaiki kerentanan pasokan mereka.

Memperburuk keadaan, AS dan Uni Eropa juga telah memberlakukan pembatasan impor dalam upaya untuk mengurangi ketergantungan mereka pada China dan mempromosikan rantai pasokan yang lebih bersih. Masalah dengan strategi ini adalah bahwa mandat asal mineral yang ketat di AS dan undang-undang rantai pasokan yang bersih di Eropa - yang pertama berfokus pada keamanan nasional dan yang kedua pada standar hak asasi manusia, lingkungan, dan keberlanjutan - membatasi pengadaan mineral penting dari sumber-sumber yang dapat diterima secara geopolitik, sehingga memperparah tantangan pasokan dan meningkatkan volatilitas harga.

Ketika AS dan Eropa berebut untuk mendapatkan mineral, pemerintah di banyak negara produsen memberlakukan semakin banyak pembatasan ekspor terhadap mineral-mineral ini. Negara-negara yang berada di atas deposit bahan mentah - sebagian besar tetapi tidak hanya negara berkembang - melihat peluang sekali dalam satu generasi untuk meningkatkan posisi mereka dalam rantai pasokan terpenting di dunia untuk menarik investasi, menciptakan lapangan kerja, mempertahankan keuntungan, meningkatkan rantai nilai, dan mendapatkan pengaruh kebijakan luar negeri.

Ini termasuk pemain mineral penting yang sudah mapan seperti Australia, Kanada, Chili, Republik Demokratik Kongo, Indonesia, dan Zambia, serta negara-negara dengan cadangan mineral yang belum berkembang di sub-Sahara Afrika, Asia Selatan, dan Timur Tengah. Banyak di antara mereka telah dan akan terus memberlakukan langkah-langkah ekspor bijih mineral mentah yang menciptakan inefisiensi pasar, meningkatkan volatilitas harga, dan berisiko merusak investasi dan produksi swasta.

Sebagai akibatnya, China sedang menyempurnakan rezim kontrol ekspor untuk mempersenjatai dominasi mineralnya dengan harapan mendapatkan keuntungan dalam persaingan teknologi yang semakin meluas dengan Amerika Serikat dan sekutunya. Tahun lalu, Beijing memberlakukan pembatasan ekspor galium, germanium, dan grafit, dan pada akhir Desember, pemerintah memberlakukan larangan ekspor mesin yang digunakan untuk memurnikan dan memisahkan elemen tanah jarang.

Tahun ini, tekanan persaingan dari importir dan eksportir mineral penting akan menjadi semakin tajam seiring dengan semakin ketatnya kebijakan industri dan pembatasan perdagangan yang diterapkan oleh pemerintah.

Di sisi importir, gelombang gigafactory kendaraan listrik baru akan mulai beroperasi di seluruh Amerika Utara dan Eropa pada tahun 2024 dengan operasi yang tunduk pada persyaratan pengadaan yang ketat. Aturan Departemen Keuangan AS yang baru yang mulai berlaku pada 1 Januari yang memberlakukan pembatasan kelayakan subsidi untuk rantai pasokan EV, yang ditujukan untuk melawan dominasi Beijing dalam rantai pasokan logam baterai, akan menguji kemampuan Amerika untuk mendapatkan mineral non-Cina dan produk terkait.

Di sisi eksportir, China akan mulai memberlakukan persyaratan lisensi ekspor untuk grafit yang dibuatnya tahun lalu sebagai tanggapan atas kontrol ekspor AS terhadap industri semikonduktornya. Elemen-elemen tanah jarang bisa jadi akan menyusul. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat memperluas pembatasan ekspor nikel ke logam-logam lain seperti tembaga menjelang pemilihan presiden tahun ini; sementara Jokowi tidak mencalonkan diri lagi, calon terdepan untuk menggantikannya, Prabowo Subianto, akan memajukan nasionalisme sumber daya alam di Jakarta jika terpilih.

Dan di sub-Sahara Afrika, Tanzania akan memberlakukan larangan ekspor lithium mentah, Nigeria akan memberlakukan larangan ekspor bijih mineral yang telah disahkannya tahun lalu, dan Ghana akan mempertimbangkan kebijakan yang serupa. Langkah-langkah ini akan membatasi aliran mineral penting dan dapat mengganggu rantai pasokan penting, seperti yang dilakukan oleh produsen baterai EV Barat jika terjadi pelarangan ekspor grafit Tiongkok.  

Disadur dari: www.eurasiagroup.net