Revitalisasi Pertanian: Menggali Potensi Teknologi Ozon dalam Pengawetan Produk Hortikultura

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

22 April 2024, 06.54

Sumber: pexels.com

Secara geografis, mutu produk pertanian dipengaruhi oleh penanganan yang dilakukan terhadap produk pertanian pasca panen. Proses penanganan yang tidak tepat akan menyebabkan penurunan kualitas hasil pertanian. Menurunnya mutu produk pertanian disebabkan oleh mikroorganisme, kadar air, suhu, enzim, dan faktor lainnya. Pertumbuhan mikroba sendiri dipengaruhi oleh faktor intrinsik, seperti pH, kandungan nutrisi, dan struktur biologis; dan faktor ekstrinsik, termasuk kelembaban dan suhu. Untuk mencegah atau meminimalkan faktor-faktor tersebut maka perlu dilakukan pengawetan makanan.

Beberapa metode yang digunakan untuk memperpanjang umur simpan produk pertanian atau makanan adalah metode iradiasi fotonik. Metode iradiasi menggunakan energi radiasi pengion seperti radiasi gamma mengubah atom netral menjadi ion bermuatan positif dan elektron yang bersifat radikal yang akan membunuh mikroba kontaminan sehingga memperpanjang kesegaran produk pertanian. Namun, iradiasi cahaya pengion menghilangkan beberapa nutrisi dari makanan. Cahaya non-ionisasi juga dapat digunakan untuk mengurangi bakteri kontaminan.

Selain itu metode kimia untuk menekan pertumbuhan mikroorganisme patogen pada buah dan sayur diberi paparan klorin. Penggunaan klorin hanya menghilangkan mikroorganisme yang ada di permukaan benda. Selain itu, klorin dikhawatirkan akan bereaksi dengan pestisida dan membentuk senyawa baru yang bersifat racun bagi manusia. Alternatif metode pengawetan yang lain adalah dengan paparan ozon. Teknologi ozonisasi ialah salah satu teknologi yang dapat memperpanjang umur simpan buah, menjaga kesegaran produk, tidak mempengaruhi nilai gizi dan mampu melarutkan beberapa jenis pestisida dan ozon sendiri adalah antimikroba yang tidak meninggalkan residu. Ozon (O3) merupakan gas tidak stabil dan mudah terdekomposisi menjadi oksigen. Pemanfaatan teknologi ozonisasi sangat menguntungkan dan potensial untuk dikembangkan karena murah (low cost), mudah dalam pengoperasiannya (easy process), aman (safety) dan ramah lingkungan (eco friendly).

Dua jenis proses pembentukan ozon adalah proses tumbukan dan proses penyerapan partikel cahaya. Dalam proses penyerapannya, ozon terbentuk dari sinar ultraviolet (UV) sinar matahari. Proses tumbukan digunakan dalam pembentukan ozon dengan metode pelepasan plasma kerdil dielektrik. Ozon adalah oksidan radikal hidroksida yang dapat digunakan untuk mendegradasi oksida logam berat dan senyawa organik. Oleh karena itu dapat membunuh mikroorganisme sehingga memperpanjang umur simpan bahan pangan. Berdasarkan penelitian sebelumnya ozon mampu mengurangi kontaminan mikroba dan menjaga kesegaran produk nabati.

Hasil penelitian pemanfaatan ozon melalui metode air menghasilkan masa simpan wortel yang lebih lama berdasarkan hasil uji organoleptik, susut massa, kekerasan, pH dan kadar vitamin C. Fungsi ozon sebagai pengoksida dan disinfektan mampu mengurangi pertumbuhan mikroorganisme yang menyebabkan kerusakan pada buah dan sayur, dan sebagai bahan pengoksidasi pada proses oksidasi produk hasil pertanian, sehingga dapat mempertahan kualitas fisik dan memperpanjang umur simpannya. Selain itu, penggunaan ozon untuk penanganan produk hasil pertanian sangat efektif dan aman. Dengan demikian, teknologi ozon dapat direkomendasikan sebagai teknologi yang sesuai untuk penanganan produk hasil pertanian, sehingga akan mengurangi kehilangan (losses) dan kualitas selama proses pascapanen.

 

Sumber: https://unair.ac.id