Reformasi Kesehatan Indonesia: Mendorong Investasi dan Inovasi dalam Layanan Kesehatan

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

13 Mei 2024, 12.46

unsplash.com

Budi Gunadi Sadikin adalah Menteri Kesehatan Indonesia.

Bagi Indonesia, langkah terakhir untuk menjadi negara industri berpenghasilan tinggi yang makmur pada tahun 2045 adalah dengan menangani area kritis di mana investor berdampak internasional dapat memainkan peran pendukung: membangun ketahanan kesehatan untuk semua.

Pengesahan undang-undang reformasi kesehatan yang baru baru-baru ini telah menciptakan peluang sekali dalam satu generasi bagi sistem kesehatan Indonesia untuk keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah dan meningkatkan kualitas dan cakupan kesehatan bagi seluruh penduduk. Hal ini akan menciptakan peluang baru untuk penelitian dan pengembangan, serta layanan dan produk kesehatan yang inovatif untuk melayani kebutuhan negara berpenduduk 270 juta jiwa ini.

Mencapai ketahanan kesehatan melalui perluasan kualitas dan kuantitas dokter spesialis, meningkatkan cakupan layanan kesehatan primer, dan mentransformasi hubungan dengan layanan kesehatan, akan memungkinkan lebih banyak pasien yang dapat didiagnosis dan diobati untuk penyakit-penyakit yang ada saat ini, serta mempersiapkan kita dengan lebih baik untuk menghadapi ancaman-ancaman di masa depan yang dapat memundurkan perekonomian negara.

Selama 20 tahun terakhir, Indonesia telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Angka harapan hidup meningkat dari 67,4 tahun di tahun 2003 menjadi 70,4 tahun di tahun 2018.

Meskipun pandemi COVID-19 telah membalikkan peningkatan angka harapan hidup, Indonesia kini kembali ke jalur yang tepat untuk meningkatkan indikator kesehatannya. Kasus penyakit menular, terutama malaria, telah menurun dengan stabil, turun dari 1,1 juta pada tahun 2015 menjadi 659.000 pada tahun 2019. Jumlah orang yang tercakup dalam cakupan kesehatan universal melonjak dari 133,4 juta pada tahun 2014 menjadi 224,1 juta pada tahun 2019. Namun, ada beberapa tantangan yang menghalangi Indonesia untuk menyelesaikan transformasi kesehatannya, yang akan diatasi oleh UU Kesehatan yang baru.

Salah satu masalahnya adalah kurangnya jumlah dokter, terutama dokter spesialis. Saat ini, Indonesia memiliki satu dokter spesialis jantung untuk setiap 250.000 penduduk dibandingkan dengan Inggris yang memiliki satu dokter spesialis jantung untuk setiap 20.600 penduduk.

Kurangnya jumlah dokter spesialis dan dokter yang berkualitas, ditambah dengan kurangnya akses terhadap obat-obatan yang canggih dan inovatif, telah mendorong hingga 2 juta penduduk Indonesia per tahun untuk mencari layanan kesehatan di luar negeri. Banyak dari pasien ini mencari pengobatan khusus untuk kanker atau penyakit terkait atau penyakit jantung. Hal ini menggarisbawahi tingginya permintaan yang belum terpenuhi untuk spesialis semacam itu dan obat-obatan ampuh yang mereka gunakan. Terlepas dari kebutuhan akan pengobatan yang canggih dan inovatif, beberapa perusahaan farmasi internasional telah berhenti beroperasi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir atau mengurangi kehadiran mereka setelah menghadapi permintaan yang tidak memadai untuk pengobatan dan layanan inovatif di bawah sistem kesehatan negara ini.

Seorang pekerja sedang mengemas obat di pabrik Kalbe Farma di pinggiran Jakarta pada tahun 2013: Undang-undang kesehatan yang baru akan mendukung penelitian dan pengembangan serta produksi lokal untuk produk-produk yang dapat menyelamatkan nyawa.

Undang-undang baru ini akan memungkinkan sistem kesehatan untuk memberikan insentif dan panduan yang lebih baik untuk mendukung peningkatan akses dan peluang investasi bagi perusahaan-perusahaan kesehatan yang inovatif. Rencana terperinci untuk insentif masih dalam persiapan, tetapi setelah diberlakukan, insentif ini diharapkan dapat membuat lebih banyak obat berkualitas tinggi tersedia dengan harga terjangkau melalui sistem asuransi nasional. Ini akan menjadi peluang yang saling menguntungkan bagi para investor dan Indonesia. Undang-undang kesehatan yang baru akan meningkatkan permintaan struktural untuk banyak komoditas kesehatan yang inovatif dengan meningkatkan skrining, diagnosis, hubungan dengan perawatan dan pendidikan kedokteran.

Undang-undang ini juga akan mendukung akses yang lebih mudah dan insentif yang lebih baik untuk penelitian dan pengembangan, manufaktur lokal, dan membuat produk-produk yang menyelamatkan nyawa lebih banyak tersedia. Indonesia akan mampu meningkatkan ketahanan layanan kesehatan bagi warganya, dan investor akan memiliki akses yang lebih besar ke pasar kesehatan yang sedang tumbuh dan dinamis.

COVID-19 telah mengajarkan kita bahwa meningkatkan kemampuan dan kapasitas penelitian dan pengembangan serta manufaktur bernilai tinggi dapat meningkatkan ketahanan kita dalam menghadapi ancaman kesehatan. Undang-undang kesehatan yang baru akan memungkinkan kita untuk lebih menarik investasi dalam bidang inovasi ke Indonesia, terutama untuk bidang-bidang khusus yang paling penting bagi ketahanan kesehatan kita, termasuk onkologi dan diabetes. Bidang lain di mana investor berdampak internasional dapat membuat perbedaan adalah penggunaan alat digital, seperti telehealth. Digitalisasi layanan kesehatan sangat bermanfaat dalam memperluas cakupan di negara kepulauan ini, di mana konektivitas yang tidak memadai di antara 18.000 pulau masih menjadi penghalang.

Permintaan akan layanan kesehatan digital meningkat selama pandemi, ketika hingga 20 juta orang Indonesia, sekitar 7% dari populasi Indonesia, mengakses layanan tersebut. Mengingat tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai 72%, masih ada ruang yang besar untuk memperluas penggunaannya.

Pengesahan undang-undang kesehatan mengirimkan sinyal yang kuat kepada masyarakat dan berdampak pada investor di seluruh dunia: Sistem layanan kesehatan Indonesia kini berada pada posisi yang tepat untuk melakukan transformasi penuh. Ke depannya, pemerintah akan meningkatkan inisiatif kemitraan pemerintah-swasta untuk membantu industri layanan kesehatan dalam memberikan layanan tanpa batas kepada setiap perempuan, laki-laki dan anak-anak, dan tidak meninggalkan siapa pun. Dorongan terakhir Indonesia untuk mencapai garis akhir akan memberikan hasil yang menjanjikan bagi semua pihak.

Disadur dari: asia.nikkei.com