PT PAL Raih Lisensi Eksklusif: Menyongsong Era Kapal Perang Canggih Bersama Inggris

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

12 Maret 2024, 08.40

Sumber: tribunnews.com

SURYA.co.id - PT PAL (Persero) mendapat izin produksi kapal perang dari perusahaan Inggris Babcock. Fregat tersebut merupakan kapal perang berukuran sedang, lincah, dan memiliki kemampuan manuver yang tinggi.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian antara CEO Babcock David Lockwood dan CEO PT PAL Kaharuddin Djenod di DSEI. pada tahun 2021. London, Inggris pada Kamis (16 September 2021). Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Inggris Hob Ben Wallace menyaksikan penandatanganan kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Inggris.

Mengutip pidato Babcock pada Jumat (17 September 2021), PT PAL menembakkan dua rudal Pabrik yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini memiliki 140 unit kapal fregat (AH140). Kapal-kapal tersebut akan dibangun dengan desain dan spesifikasi khusus untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Laut Indonesia, dan David mengatakan dalam kontrak tersebut fregat Arrowhead 140 akan dibangun di Indonesia dengan personel lokal. Oleh karena itu, hal ini harus memberikan kontribusi langsung terhadap nilai sosial dan ekonomi industri perkapalan Indonesia. “Hari ini merupakan hari yang membanggakan bagi Babcock dan tim PT PAL karena kami telah menandatangani lisensi desain dengan PT PAL untuk dua kapal baru TNI Angkatan Laut.

Sementara itu, Ben mengatakan Wallace mengucapkan terima kasih atas kerja sama keduanya. Dikatakannya, hal ini merupakan salah satu tanda eratnya hubungan antara Inggris dan Indonesia. Artinya, Inggris dan Indonesia mempunyai hubungan pertahanan yang kuat, ujarnya. Kita bisa bekerja sama dengan mereka di seluruh dunia. Kami bekerja sama untuk melindungi kepentingan kami,” katanya.

Babcock, perusahaan kedirgantaraan, pertahanan, dan keamanan Inggris, bekerja sama dengan pemerintah Inggris untuk mempromosikan pesawat Arrowhead 140 ke pasar internasional. Selain di Indonesia, perusahaan mulai merancang fregat Arrowhead 140 untuk Royal Navy di Skotlandia. Jadi kapal Inggris dan Indonesia serupa, dimodifikasi sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, kapal perang diharapkan melakukan kegiatan pelatihan dan komunikasi.

Disadur dari : https://surabaya.tribunnews.com/2021/09/17/pt-pal-dapat-lisensi-bikin-kapal-perang-canggih-dari-inggris