PT PAL Peroleh Lisensi Bersejarah: Memproduksi Kapal Perang Canggih dengan Teknologi Inggris

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

13 Maret 2024, 08.43

Sumber: kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PAL (Persero) mendapat izin produksi kapal perang dari perusahaan Inggris Babcock. Fregat adalah kapal perang yang besar, lincah, dan bermanuver cepat.  Kemitraan tersebut ditandatangani oleh CEO Babcock David Lockwood dan CEO PT PAL Kaharuddin Djenod pada konferensi Defense and Security Equipment International (DSEI) 2021 yang diadakan di London, Inggris pada Kamis (16 September 2021). 

Penandatanganan kerja sama pertahanan India-Inggris disaksikan oleh Menteri Pertahanan India Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Inggris Hov Ben Wallace. 140 (AH140) di pabriknya di Surabaya, Jawa Timur. Pembangunan kapal perang dilakukan dengan desain dan persyaratan tertentu sesuai kebutuhan TNI Angkatan Laut. David mengatakan, kontrak tersebut akan membangun 140 pesawat Arrowhead di Indonesia dengan menggunakan tenaga kerja lokal. Oleh karena itu, hal ini harus memberikan kontribusi langsung terhadap nilai sosial dan ekonomi industri perkapalan Indonesia. 

" Hari ini adalah hari yang membanggakan bagi Babcock dan tim PT PAL karena kami telah menandatangani lisensi desain dengan PT PAL untuk dua kapal baru TNI Angkatan Laut," ujarnya. 

Sementara itu, Ben Wallace mengaku bersyukur. Perjanjian serupa juga dilakukan kedua negara melalui Babcock dan PT PAL. Menurutnya, hal itu merupakan tanda lain dari eratnya hubungan antara Inggris dan Indonesia. 

"Hal ini menunjukkan bahwa Inggris memiliki hubungan pertahanan yang kuat dengan Indonesia. “Di masa depan, angkatan laut kita akan mengoperasikan dua kapal induk terbaik di dunia dan bekerja sama untuk melindungi kepentingan kita di seluruh dunia,” ujarnya. kami bekerja sama dengan pemerintah Inggris untuk mempromosikan Arrowhead 140 di pasar internasional. 

Desain dasar Arrowhead 140 juga dapat dikonfigurasi untuk memenuhi berbagai kebutuhan kelautan. Di Indonesia juga, perusahaan mulai merancang Arrowhead. 140 fregat untuk Angkatan Laut Kerajaan di Skotlandia 

Angkatan Laut Inggris dan India memiliki kapal yang sama, dimodifikasi sesuai kebutuhan mereka. Jadi idenya adalah kapal perang dapat memfasilitasi pelatihan dan komunikasi. 

Disadur dari : https://money.kompas.com/read/2021/09/17/152004626/pt-pal-dapat-lisensi-bikin-kapal-perang-canggih-dari-inggris