Program Studi Doktor Teknik Industri (S3) di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

26 April 2024, 07.03

Sumber: freepick

Program Studi Doktor Teknik Industri (S3) di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Program Doktor Teknik Industri di Departemen Teknik Sistem dan Industri ITS dirancang untuk mahasiswa yang berminat melakukan penelitian berkualitas tinggi yang menghasilkan kontribusi yang signifikan untuk bidang Teknik Industri. Salah satu syarat untuk lulus dari program doktor adalah mahasiswa harus mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal internasional terkemuka. Saat ini kami menawarkan lima bidang utama dalam bidang Teknik Sistem dan industri:

  1. Bidang Konsentrasi Rekayasa dan Manajemen Sistem Manufaktur (Manufacturing Systems Engineering and Management)
  2. Bidang Konsentrasi Rekayasa Optimasi Sistem Industri (Industrial System Optimization)
  3. Bidang Konsentrasi Logistik dan Manajemen Rantai Pasok (Logistics and Supply Chain Management)
  4. Bidang Konsentrasi Rekayasa Faktor Manusia dan Keselamatan Kesehatan Kerja (Human Factors and Occupational Safety and Health Engineering)
  5. Bidang Konsentrasi Manajemen Rekayasa (Engineering Management)

Visi Misi

Visi : Menjadi penyelenggara program Doktor bidang Teknik Industri yang terpandang di Asia.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan program Doktor dengan standar kualitas yang tinggi
  2. Menciptakan iklim penelitian yang kondusif yang mampu secara produktif menghasilkan lulusan Doktor berkualitas dimana hasil-hasilnya bisa dipublikasikan di forum atau publikasi internasional.
  3. Menciptakan jejaring internasional dengan penyelenggara program Doktor Teknik Industri atau bidang lain yang sejenis terutama yang berada di wilayah Asia

Pendaftaran 
Calon siswa diharapkan untuk menunjukkan catatan akademik yang baik (IPK minimal 3,00) dan memenuhi persyaratan kemampuan bahasa Inggris (minimal TOEFL Skor 500). Penerimaan calon juga akan mengikuti ketersediaan pembimbing dan kesesuaian calon topik penelitian.

Pelaksanaan Program
Program doktor di bidang Teknik Sistem dan industri adalah program penuh-waktu (full-time). Biasanya, kami berharap mahasiswa untuk bekerja di kantor/ruang residensi selama jam kerja. Program ini terdiri dari tahap kuliah serta tahap penelitian. Selama tahap kuliah, siswa harus menghadiri dan lulus setidaknya empat mata kuliah sambil mengerjakan proposal penelitian mereka. Mahasiswa harus mempresentasikan proposal penelitian di depan sebuah panel yang terdiri dari pembimbing dan tiga penguji. Panel yang sama juga akan memeriksa disertasi ketika selesai. Durasi normal program doktor adalah 3-4 tahun.

Wisuda 
Dalam rangka untuk mendapatkan gelar doktor, mahasiswa harus menyelesaikan semua mata kuliah, mempertahankan disertasi mereka untuk memenuhi syarat dari kantor pascasarjana, serta mempublikasikan setidaknya satu makalah ilmiah dalam jurnal internasional.

Profil Lulusan

Program studi Doktor Teknik Sistem dan Industri memiliki profil lulusan sebagai berikut:

  1. Dosen: Menjadi pendidik professional yang mentransformasikan serta mengembangkan pendidikan melalui pendidikan, penelitian, serta pengabdian masyarakat berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Peneliti: Menjadi peneliti yang mampu melakukan penelitian secara mandiri dalam bidang Teknik Industri serta melakukan analisis yang dilakukan secara sistematis dan konsisten.
  3. Policy Maker (Birokrat, Dunia Usaha dan Industri)Menjadi pembuat kebijakan (birokrat atau yang memunculkan ide atau gagasan untuk dapat menyelesaikan permasalahan dengan pendekatan teknik industri.

Tujuan Pembelajaran

  1. Mahasiswa mampu menguasai secara mendalam dan kreatif untuk melakukan pengembangan ilmu bidang Teknik Industri melalui karya-karya yang inovatif, orisinil, mempunyai kebaharuan, dan teruji yang menekankan pada pendekatan sistem dalam merancang, memperbaiki, dan melakukan instalasi suatu sistem yang terintegrasi yang terdiri dari manusia, material, peralatan, uang, informasi, dan energi.
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan permasalahan pada suatu sistem industri terintegrasi baik pada lingkup mikro, meso, maupun makro, mengusulkan alternatif pemecahannya, serta melakukan evaluasi secara komprehensif multi-disipliner, interdisipliner, atau transdisipliner untuk memperoleh rekomendasi alternatif terbaik dari sisi efisiensi, efektivitas, maupun dari sisi pertimbangan keberlanjutan lingkungan.
  3. Mahasiswa mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan kegiatan penelitian atau pengembangan pada bidang ilmu Teknik Industri atas dasar kaidah ilmiah yang jujur, bertanggung jawab dan mampu mengkomunikasikan gagasan maupun penelitian secara efektif dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris sehingga mendapatkan pengakuan secara nasional maupun internasional.

Syarat dan Persyaratan

Untuk lulus dari program doktor, mahasiswa harus mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal internasional terkemuka. Calon siswa diharapkan memenuhi persyaratan akademik, seperti IPK minimal 3,0, dan kemampuan bahasa Inggris (minimal TOEFL Skor 500). Penerimaan calon juga akan mengikuti ketersediaan pembimbing dan kesesuaian calon topik penelitian.

Program Penuh-Waktu

Program doktor di bidang Teknik Sistem dan industri adalah program penuh-waktu (full-time).

Pendaftaran dan Persyaratan

Pendaftaran calon mahasiswa baru diharapkan untuk menunjukkan catatan akademik yang baik dan memenuhi persyaratan kemampuan bahasa Inggris. Penerimaan calon juga akan mengikuti ketersediaan pembimbing dan kesesuaian calon topik penelitian.

Lokasi dan Waktu Perkuliahan

Program doktor di bidang Teknik Sistem dan industri dijalankan di Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem Institut Teknologi Sepuluh Nopember Kampus ITS Sukolilo Surabaya 60111. Waktu perkuliahan belum dispesifikasikan dalam sumber yang diberikan.

Sumber: its.ac.id