Program Penyelesaian Gelar: Membuka Peluang Pendidikan bagi Semua

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

28 Februari 2024, 14.03

Sumber: bachelors-completion.northeastern.edu

Program gelar adalah solusi yang memungkinkan individu yang telah menyelesaikan sebagian besar persyaratan sarjana, namun kemudian terpisah dari lingkungan universitas, untuk memperoleh gelar B.A. kredit yang diperlukan untuk kelulusan. Atau setara. Program ini dirancang khusus untuk siswa non-tradisional, seperti mereka yang bekerja penuh waktu, memiliki tanggung jawab keluarga atau memiliki waktu terbatas. Pada program pascasarjana, pengguna dapat secara fleksibel mengatur jadwal belajarnya dengan mengambil mata kuliah secara online maupun di kampus. Penyelesaian SKS dapat berupa ujian CLEP (College Placement Examination Program) atau penyelesaian mata kuliah yang berkaitan dengan bidang studi. Dengan demikian, program gelar memungkinkan orang untuk mencapai tujuan pendidikan mereka tanpa harus mengulang seluruh program sarjana. Keuntungan utama kurikulum adalah fleksibilitas. Siswa dapat mengatur kurikulumnya sesuai dengan kebutuhan dan batasannya. Selain itu, program ini memungkinkan Anda untuk menggunakan pengalaman atau pengetahuan kerja sebelumnya untuk mempercepat proses pembelajaran. Dengan kursus online dan dukungan teknologi, individu dapat mengakses materi pembelajaran di mana saja dan kapan saja.

Namun tantangan dari program ini adalah ketergantungan pada teknologi dan disiplin diri. Mahasiswa harus memiliki teknologi komputer dan internet yang memadai serta kemampuan mengatur waktu belajarnya secara mandiri. Selain itu, beberapa orang mungkin mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan pembelajaran online.

Program diploma dapat dikatakan sebagai pilihan efektif bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi dibandingkan pendidikan tradisional. Dengan dukungan universitas dan lembaga pendidikan, masyarakat dapat mewujudkan impiannya dan memperoleh gelar sarjana dengan lebih fleksibel dan terjangkau.
.
Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org