Profil PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

18 April 2024, 09.45

Sumber: Wikipedia

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk ("Indocement") adalah salah satu produsen semen terbesar di Indonesia. Saat ini, Indocement dan anak perusahaannya mengoperasikan beberapa unit bisnis yperusang meliputi manufaktur dan penjualan semen (bisnis inti) dan beton siap pakai, agregat serta trass. Indocement memiliki sekitar 6.000 karyawan dan 13 pabrik dengan total produksi tahunan sebesar 24,9 juta ton semen. Sepuluh pabrik berlokasi di Pabrik Citeureup, Bogor, Jawa Barat; dua pabrik di Pabrik Cirebon, Cirebon, Jawa Barat; dan satu pabrik di Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Perkembangan Indocement tidak lepas dari Salim Group yang mendirikan perusahaan semen pertama bernama PT Distinct Indonesia Cement Enterprise pada tahun 1973, kemudian dibuka pabrik dan kapasitas produksi 500.000 ton per tahun pada tanggal 4 Agustus 1975. . Tak lama kemudian, PT Perkasa Indonesia Cement Enterprise (1976), PT Perkasa Indah Indonesia Cement Putih Enterprise (1978), PT Perkasa Agung Utama Indonesia Cement Enterprise (1979), PT Perkasa Inti Abadi Indonesia Cement Enterprise (1980) dan PT Perkasa. . Perusahaan Semen Abadi Mulia Indonesia (1980) dan PT Tridaya Manunggal Perkasa Cement (1981) yang kemudian dikenal dengan nama Indocement Group. Dalam 10 tahun, Grup Indocement memiliki delapan pabrik semen dengan kapasitas produksi tahunan sebesar $7,7 juta, dan telah menjadi perusahaan semen terbesar di Indonesia, melebihi banyak perusahaan semen milik pemerintah.

Indocement, perusahaan yang terkait erat dengan merger, menerima penyertaan modal sebesar Rp 364 miliar (setara dengan 35% saham) dari pemerintah pada tahun 1985 karena merupakan "sektor penting". Sebanyak $120 juta ditarik dari beberapa bank pemerintah. Sebagai bagian dari penyertaan modal ini, seluruh perusahaan semen milik Salim Group dilebur menjadi PT Indocement Tunggal Prakarsa (dahulu PT Inti Cahaya Manunggal) pada 16 Januari 1985. Dan dengan listing pada 5 Desember 1989, Indocement resmi go public. perusahaan Saham di Bursa Efek Indonesia (dahulu Bursa Efek Jakarta) menawarkan kepemilikan 10% dengan harga penawaran Rp 10.000 per saham. Ekspansi terus dilakukan, dan pada tahun 2000 PT Indocement Tunggal Prakarsa memiliki 12 pabrik, salah satunya eks PT Indo Kodeco Cement yang digabungkan pada tanggal 29 Desember 2000.

Sejak April 2001, HeidelbergCement Group, yang berbasis di Jerman dan salah satu produsen peralatan konstruksi terbesar di dunia, telah mengakuisisi saham mayoritas (61%) di Indocement. Penjualan tersebut dilakukan untuk membantu restrukturisasi utang Indocement saat itu. Grup Salim sendiri (melalui PT Mekar Perkasa) telah menguasai 13% saham Indocement selama bertahun-tahun, sedangkan sisa saham pemerintah yang diperoleh pada tahun 1985 akhirnya dilepas antara tahun 2001 hingga 2003. Per 31 Desember Per 2016, pemegang saham mayoritas Indocement dipegang oleh Birchwood Omnia Ltd. (HeidelbergCement Group) sebesar 51,00% dan Perseroan sebesar 49,00%. Kepemilikan HeidelbergCement berkurang menjadi 51% setelah menawarkan 14% sahamnya kepada publik pada tahun 2009. Pada tanggal 7 November 2023, Indocement mengumumkan perubahan kepemilikan mayoritas di Birchwood Omnia Ltd. Untuk Bahan Heidelberg AG. Saat ini INTP memiliki 13 pabrik dengan total kapasitas produksi semen tahunan sebesar 25,5 juta ton.

Pada tanggal 1 September 2022, Indocement menandatangani perjanjian sewa guna usaha dengan PT Semen Bosowa Maros dan PT Bosowa Corporindo untuk mendukung produksi dan pemasaran semen di wilayah Indonesia bagian timur.

Pada tanggal 17 November 2023, Indocement mengumumkan telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat untuk mengakuisisi 100% saham PT Semen Grobogan, sebuah perusahaan semen yang berlokasi di provinsi Jawa Tengah. Pada 30 November 2023, Indocement mengumumkan telah menyelesaikan pembelian Semen Grobogan dengan nilai transaksi Rp 1,49 triliun.

Susunan Komite dan Direksi

PT Indoce Berdasarkan Hasil Rapat Tahunan Tunggal Prakarsa Tbk. Dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 5 Mei 2023 di Ruang Melati Wisma Indocement. Berikut susunan anggota dan direksi PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.

Dewan Komisaris

  • Komisaris Utama: Kevin Gluskie

  • Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen: Tedy Djuhar

  • Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen: Simon Subrata

  • Komisaris Independen: Franciscus Welirang

  • Komisaris: Juan Francisco Defalque

  • Komisaris: René Samir Aldach

  • Komisaris: F.X. Sutijastoto, M.A.

Direksi

  • Direktur Utama: Christian Kartawijaya

  • Wakil Direktur Utama: Benny S. Santoso

  • Direktur: Hasan Imer

  • Direktur: Troy Dartojo Soputro

  • Direktur: David J. Clarke

  • Direktur: Oey Marcos

  • Direktur: Holger Mørch

Operasional

Produk

Per 31 Desember 2016, kapasitas produksi semen Indocement sebesar 24,9 juta ton. Selain itu, Indocement memiliki kapasitas produksi tahunan sebesar 5 juta meter kubik campuran beton dengan 38 batching plant dan 632 truk pengaduk, menghasilkan 2,7 juta ton agregat. Indocement memiliki 13 pabrik, 10 di antaranya berlokasi di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dua di Cirebon, Jawa Barat, dan satu di Tarjun, Provinsi Kota Bharu, Kalimantan Selatan.

Produk utama Indocement adalah semen Portland biasa yang disingkat OPC sejak tahun 2005 dan semen Portland komposit yang disingkat PCC. Indocement juga memproduksi semen jenis lain seperti Portland Tipe II, Tipe V dan Semen Oil Dock. Indocement merupakan satu-satunya produsen semen putih di Indonesia. Pada bulan Oktober 2016, Indocement meluncurkan merek kedua bernama Semen Rajawali, rangkaian produk Portland Pozzolan Cement (PPC), untuk memenuhi permintaan semen berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

Semen yang dijual adalah semen merk Tiga Roda dan Semen Rajawali. Selain produksi semen melalui perdagangan “Semen Tiga Roda”, Indocement juga memiliki banyak produk seperti beton siap pakai dan produk pertambangan. Indocement mempunyai rangkaian produk sebagai berikut:

  • Portland Composite Cement (PCC): PCC diproduksi untuk aplikasi umum seperti perumahan, gedung tinggi, jembatan, jalan beton dan beton. dan beton padat. PCC memiliki kekuatan yang sama dengan Semen Portland Tipe I.

  • Semen Portland Biasa (OPC): OPC juga dikenal sebagai semen abu-abu dan terdapat lima jenis semen standar. Indocement memproduksi OPC Tipe I, II dan V. OPC Tipe I merupakan beton mutu tinggi yang cocok untuk berbagai aplikasi seperti gedung, gedung tinggi, jembatan dan konstruksi jalan. OPC tipe II dan V lebih protektif terhadap kandungan sulfat dalam air dan tanah.

  • Oil Well Cement (OWC): OWC adalah semen khusus untuk pengeboran minyak dan gas, baik onshore maupun offshore. OWC dicampur ke dalam mortar semen dan dimasukkan di antara pipa bor dan simpul lubang bor, sehingga semen dapat mengeras dan mengikat pipa ke cetakan.

  • Semen Putih : Semen putih digunakan untuk dekorasi eksterior dan interior bangunan. Saat ini Indocement merupakan satu-satunya produsen beton putih di India, Indocement dapat memenuhi permintaan beton putih di pasar dalam negeri. Mortar Serba Guna TR-10

  • - Mortar Serbaguna TR-10 merupakan mortar serba guna yang dirancang untuk aplikasi beton bata merah, beton bata merah, dan perataan lantai.

  • TR-15 Thinbed: TR-15 Thinbed adalah mortar yang dirancang untuk batu bata ringan. kontak

  • TR-20 Plaster Plus : TR-20 Plaster Plus merupakan mortar plester bata ringan.

  • TR-30 White Adhesive : TR-30 White Asian sangat baik untuk aplikasi perekat dan perekat. Komposisi TR30 White Asia terdiri dari semen putih "Tiga Roda", kapur (magnesium karbonat) dan bahan tambahan khusus lainnya. Dengan menggunakan perekat putih TR30, permukaan pelapis menjadi halus, daya rekat tinggi sehingga mengurangi kerusakan dan pengelupasan permukaan, pengoperasian cepat dan mudah, pelapis tipis dan ekonomis, serta dapat digunakan pada lantai beton. . menambahkan putih tempelkan itu kalengan .

  • Duracem: Duracem merupakan semen Portland yang menggunakan limbah industri baja sebagai bahan bakunya. Duracem ramah lingkungan dan tahan lama sehingga sangat direkomendasikan untuk pengerjaan dermaga, bendungan, dan proyek beton massal.

  • Ready-Mix Concrete: Beton siap pakai adalah proses pencampuran OPC dengan campuran yang tepat (pasir dan batu) dan air, kemudian dikirim ke lokasi pelanggan dengan truk semen dan dituangkan serta diproses. Semen premix merupakan produk yang bernilai tambah tinggi, dengan rendemen yang lebih tinggi dibandingkan produk semen lainnya. Produk ini diproduksi oleh anak perusahaan Indocement.

  • Agregat: Pertambangan agregat (andesit) Rumpin dan Purwakarta di Jawa Barat, dengan total cadangan andesit sebesar $130 juta melalui anak perusahaan Indocement, akan memperkuat posisi Indocement sebagai pemasok bahan konstruksi..

Pabrik Semen Indocement

Indocement memiliki tiga kompleks pabrik yang terletak di Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan, kompleks pabrik tersebut adalah:

  1. Kompleks Pabrik Citeureup

    • Kompleks Pabrik Citeureup terletak di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kompleks ini merupakan komplek terbesar milik PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Dikompleks ini terdapat delapan pabrik yang masih beropersi penuh, yaitu Plant 1, Plant 2, Plant 3, Plant 4, Plant 5, Plant 6, Plant 7, Plant 8, Plant 11 dan Plant 14.

  2. Kompleks Pabrik Cirebon

    • Kompleks ini terletak di Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kompleks ini memiliki dua buah pabrik, yaitu Plant 9 dan Plant 10.

  3. Kompleks Pabrik Tarjun

    • Kompleks Pabrik Tarjun terletak di kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Tedapat satu buah pabrik yang beroperasi disini, yaitu Plant 12.

  4. Kompleks Pabrik Grobogan

    • Kompleks Pabrik Grobongan terletak di Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi sebesar 1,8 juta ton clinker per tahun dan 2,9 juta ton semen.

Distribusi dan Logistik 

Untuk mengatur rantai pasok semen merek "Tiga Roda", Indocement memiliki berbagai komponen dan metode transportasi semen yang baik. Indocement memiliki beberapa terminal semen untuk memudahkan distribusi semen ke pelanggan kami.

Terminal Indocement

Indocement memiliki sepuluh terminal semen yang tersebar di seluruh Indonesia, yaitu:

  1. Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, DKI Jakarta

  2. Terminal Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur

  3. Terminal Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

  4. Terminal Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat

  5. Terminal Samarinda, Kalimantan Timur

  6. Terminal Cigading, Cilegon, Banten

  7. Terminal Sepanjang, Sidoarjo, Jawa Timur

  8. Terminal Dawuan, Cikampek, Jawa Barat

  9. Terminal Lampung, Bandar Lampung, Lampung

  10. Terminal Palembang, Palembang, Sumatera Selatan

  11. Terminal Kuala Tanjung, Medan, Sumatera Utara

Selain premis, Indocement mendistribusikan semen melalui transportasi darat dan laut. Pengiriman tersebut terutama untuk mendistribusikan semen dari pabrik Tarjun di Kalimantan Selatan. Indocement terus menambah jumlah kontainer yang keluar dari Tarjun. Untuk memenuhi permintaan dari daerah lain, jumlah peti kemas ditingkatkan dari 1.200 TEU menjadi 2.100 TEU pada akhir tahun 2013. Sistem pemuatan ini tidak terpengaruh oleh kondisi cuaca, sehingga memungkinkan untuk meningkatkan produksi di pabrik Tarjun.

Indocement juga menggunakan transportasi darat, antara lain truk dan kereta api. Indocement memiliki 6 jalur kereta api untuk transportasi semen. Tiga KA berangkat dari Stasiun Nambo di Desa Bantarjati, Kecamatan Klapanungal, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Dua rute berangkat dari Stasiun Kalimas di Kota Surabaya, Jawa Timur, sedangkan satu rute lainnya berangkat dari Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Total kapasitas muat seri ini adalah 2.400 ton per hari. Tiga kereta berbeda berangkat dari Stasiun Arjawinangun di Cirebon dan menuju Purwokerto di Jawa Tengah, melalui Purwokerto ke Wangon di Banyumas. Total kapasitas muat rangkaian kereta ini adalah 1.900 ton semen per hari.

Sertifikasi PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.

Perusahaan berupaya meraih berbagai sertifikasi untuk memastikan praktik tata kelola perusahaan yang baik. Perusahaan memperoleh sertifikat berikut:

  1. Sertifikasi Sistem Manajamen Mutu ISO 9001:2008 sejak Maret 1995

  2. Sertifikasi Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2004 sejak Agustus 2002

  3. Sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja OHSAS 18001:2007 Sejak Juni 2004

  4. Sertifikasi Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) sejak Juli 2000

  5. Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan ISO 28000:2007 Sejak Juli 2015 untuk Pabrik Citeureup

  6. Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan ISO 28000:2007 Sejak November 2012 untuk Pabrik Palimanan

  7. Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan ISO 28000:2007 Sejak November 2012 untuk Pabrik Tarjun

  8. ISO 17025:2005 - General Requirements For The Competence of Testing and Calibration Laboratories sejak Juli 2006 untuk Laboratorium di Kompleks Pabrik Citeureup

  9. ISO 17025:2005 - General Requirements For The Competence of Testing and Calibration Laboratories sejak Agustus 2006 untuk Laboratorium di Kompleks Pabrik Palimanan

  10. ISO 17025:2005 - General Requirements For The Competence of Testing and Calibration Laboratories sejak Mei 2007 untuk Laboratorium di Kompleks Pabrik Tarjun

Prestasi

PT Indocement Tunggap Prakarsa Tbk. juga memegang beberapa kategori penghargaan MURI (Museum Rekor Indonesia), yaitu:

  1. Rekor "Temu Keluarga Toko Bahan Bangunan Terbanyak (Sambil Bermain Angklung Bersama)"

  2. “Relief (lukisan 2 dimensi) motif batik dan tenun berbahan dasar semen putih dan bubur kertas terbesar di dunia”

  3. “roadshow event terbanyak di 96 perguruan tinggi seluruh Indonesia dalam waktu tiga bulan”

  4. “Pengiriman Semen Menggunakan Kereta Api dengan Jarak Terpanjang”

Penghargaan

  • Top Brand Award untuk kategori semen dan mortar

  • Corporate Image Award untuk kategori semen

  • Anugerah Business Review untuk kategori merek top

  • Pemecah Rekor Muri dengan Panel Art Stone

Kontroversi

Aksi Petani Kendeng

Indocement, anak perusahaan HeidelbergCement, terlibat dan mempunyai andil besar dalam pembangunan pabrik semen kontroversial di Pulau Jawa, Indonesia. Tujuan menetap di Pegunungan Kendeng mendapat tentangan dari masyarakat yang tinggal di sana. Selain berkontribusi terhadap rusaknya ekosistem yang kompleks, pembangunan pabrik semen dan tambang karst di Pegunungan Kendeng berdampak langsung terhadap penghidupan masyarakat sekitar. Beberapa dari orang-orang ini adalah petani dan petani.

Kekerasan meningkat pada tahun 2014 dan sejak itu lebih dari 20 perempuan setempat, sebagian besar ibu-ibu, tinggal di tenda-tenda protes yang didirikan di lokasi tersebut. Penjaga di pabrik semen membatasi waktu pemeriksaan anggota keluarga menjadi 10 menit. Banyak aktivis yang bergabung dan mendukung "Kendengand Womenquot; Saya tidak bisa menghubungi mereka. Karena itu, perusahaan semen dituding melanggar hak asasi manusia.

Pada bulan Desember 2014, Alderman Pati mengeluarkan izin pembangunan pabrik semen, namun warga yang menolak izin tersebut mengajukan gugatan ke PTUN Semarang. Warga memenangkan persidangan, dan pemerintah serta perusahaan mengajukan permohonan ke PTUN Surabaya, sehingga warga mengajukan gugatan ke Mahkamah Agung dan Mahkamah Agung mengajukan kasasi, dan Agung memutuskan untuk menolak permohonan kasasi warga tersebut, sehingga memungkinkan adanya perusahaan dan pemerintah untuk melanjutkan proses pembangunan pabrik.

Pada tanggal 10 April 2016, hari ke-666 berdirinya lokasi pembangunan pabrik semen, sembilan perempuan asal Kendeng menggelar upacara di depan Istana Kepresidenan Jakarta. Selain mengkritik penciptaan tanaman dan produk organiknya sebagai "kekeliruan 'pembangunan' yang merugikan masyarakat adat dan petani", Kendeng Wahine mengeluarkan pernyataan politik yang mengatakan bahwa "perusahaan Jerman tidak boleh berinvestasi" di HeidelbergCement. “Kerusakan lingkungan dan pelanggaran hak asasi manusia terjadi di setiap negara di dunia.”

Disadur dari: en.wikipedia.org