Profil Perusahaan Samsung

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

23 April 2024, 08.33

Sumber: Wikipedia

Samsung Group(bahasa Korea: 삼성; RR: samseong [samsʌŋ]; bergaya sebagai SΛMSUNG) adalah konglomerat manufaktur multinasional Korea Selatan yang berkantor pusat di Samsung Digital City, Suwon, Korea Selatan. Perusahaan ini terdiri dari berbagai bisnis yang terafiliasi, sebagian besar dari mereka disatukan di bawah merek Samsung, dan merupakan chaebol (konglomerat bisnis) terbesar di Korea Selatan. Pada tahun 2020, Samsung memiliki nilai merek global tertinggi kedelapan..

Samsung didirikan oleh Lee Byung-chul pada tahun 1938 sebagai perusahaan perdagangan. Selama tiga dekade berikutnya, grup ini melakukan diversifikasi ke berbagai bidang termasuk pengolahan makanan, tekstil, asuransi, sekuritas, dan ritel. Samsung memasuki industri elektronik pada akhir 1960-an dan industri konstruksi dan pembuatan kapal pada pertengahan 1970-an; bidang-bidang ini akan mendorong pertumbuhan selanjutnya. Setelah kematian Lee pada tahun 1987, Samsung dipisahkan menjadi lima grup bisnis - Samsung Group, Shinsegae Group, CJ Group dan Hansol Group, dan JoongAng Group.

Afiliasi industri Samsung yang terkenal termasuk Samsung Electronics ( perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia, pembuat elektronik konsumen, dan pembuat chip yang diukur dari pendapatan tahun 2017),  Samsung Heavy Industries ( pembuat kapal terbesar kedua di dunia yang diukur dari pendapatan tahun 2010),  serta Samsung Engineering dan Samsung C&T Corporation (masing-masing merupakan perusahaan konstruksi terbesar ke-13 dan ke-36 di dunia).  Anak perusahaan penting lainnya termasuk Samsung Life Insurance (perusahaan asuransi jiwa terbesar ke-14 di dunia), Samsung Everland (operator Everland Resort, taman hiburan tertua di Korea Selatan) dan Cheil Worldwide (biro iklan terbesar ke-15 di dunia, yang diukur dari pendapatan tahun 2012).

Arti nama

Menurut pendiri Samsung, arti hanja Korea Samsung(三星) adalah tiga bintang. Tiga berarti sesuatu yang besar, banyak, dan kuat, sedangkan bintang berarti abadi atau kekal.

Sejarah

1938-1970

Pada tahun 1938, saat Korea diperintah Jepang, Lee Byung-chul (1910-1987) dari sebuah keluarga besar pemilik tanah di daerah Uiryeong pindah ke kota Daegu di dekatnya dan mendirikan Perusahaan Perdagangan Mitsuboshi (株式会社三星商会(Kabushiki gaisha Mitsuboshi Shōkai)), atau Samsung Sanghoe (주식회사 삼성상회). Samsung dimulai sebagai perusahaan perdagangan kecil dengan empat puluh karyawan yang berlokasi di Su-dong (sekarang Ingyo-dong). Perusahaan ini bergerak di bidang perdagangan ikan kering, bahan makanan lokal dan mie. Perusahaan ini berkembang pesat dan Lee memindahkan kantor pusatnya ke Seoul pada tahun 1947. Ketika Perang Korea meletus, dia terpaksa meninggalkan Seoul. Dia memulai kilang gula di Busan yang diberi nama Cheil Jedang. Pada tahun 1954, Lee mendirikan Cheil Mojik dan membangun pabrik di Chimsan-dong, Daegu. Pabrik tersebut merupakan pabrik wol terbesar yang pernah ada di negara tersebut.

Samsung melakukan diversifikasi ke berbagai bidang. Lee berusaha menjadikan Samsung sebagai pemimpin dalam berbagai industri. Samsung masuk ke lini bisnis seperti asuransi, sekuritas, dan ritel.

Pada tahun 1947, Cho Hong-jai, pendiri grup Hyosung, bersama-sama berinvestasi di sebuah perusahaan baru yang disebut Samsung Mulsan Gongsa, atau Perusahaan Perdagangan Samsung, dengan pendiri Samsung, Lee Byung-chul. Perusahaan perdagangan ini berkembang menjadi Samsung C&T Corporation saat ini. Setelah beberapa tahun, Cho dan Lee berpisah karena perbedaan gaya manajemen. Cho menginginkan 30 saham ekuitas. Samsung Group dipisah menjadi Samsung Group dan Hyosung Group, Hankook Tire, dan bisnis lainnya.

Pada akhir 1960-an, Samsung Group memasuki industri elektronik. Perusahaan ini membentuk beberapa divisi yang berhubungan dengan elektronik, seperti Samsung Electronics Devices, Samsung Electro-Mechanics, Samsung Corning, dan Samsung Semiconductor & Telecommunications, dan membuka fasilitas di Suwon. Produk pertamanya adalah pesawat televisi hitam-putih.

1970-1990

Pada tahun 1980, Samsung mengakuisisi Hanguk Jeonja Tongsin yang berbasis di Gumi dan memasuki perangkat keras telekomunikasi. Produk awalnya adalah switchboard. Fasilitas ini dikembangkan menjadi sistem manufaktur telepon dan faks dan menjadi pusat manufaktur ponsel Samsung. Mereka telah memproduksi lebih dari 800 juta ponsel hingga saat ini. Perusahaan ini mengelompokkannya di bawah Samsung Electronics pada tahun 1980-an.

Setelah Lee, sang pendiri meninggal pada tahun 1987, Samsung Group dipisahkan menjadi lima grup bisnis - Samsung Group, Shinsegae Group, CJ Group, Hansol Group, dan JoongAng Group. Shinsegae (toko diskon, toserba) pada awalnya merupakan bagian dari Samsung Group, yang kemudian dipisahkan pada tahun 1990-an dari Samsung Group bersama dengan CJ Group (Makanan/Kimia/Hiburan/ logistik), Hansol Group (Kertas/Telekomunikasi), dan JoongAng Group (Media). Saat ini, grup-grup yang terpisah tersebut berdiri sendiri dan bukan bagian dari atau terhubung dengan Samsung Group. Salah satu perwakilan Hansol Group mengatakan, "Hanya orang yang tidak mengetahui hukum yang mengatur dunia bisnis yang dapat mempercayai hal yang tidak masuk akal," dan menambahkan, "Saat Hansol berpisah dengan Samsung Group pada tahun 1991, Hansol memutuskan seluruh jaminan pembayaran dan hubungan kepemilikan saham dengan afiliasi Samsung." Salah satu sumber dari Hansol Group menegaskan, "Hansol, Shinsegae, dan CJ berada di bawah manajemen independen sejak pemisahan masing-masing dari Samsung Group". Seorang direktur eksekutif department store Shinsegae mengatakan, "Shinsegae tidak memiliki jaminan pembayaran yang terkait dengan Samsung Group."

Pada tahun 1980-an, Samsung Electronics mulai berinvestasi besar-besaran dalam penelitian dan pengembangan, investasi yang sangat penting dalam mendorong perusahaan ke garis depan industri elektronik global. Pada tahun 1982, perusahaan ini membangun pabrik perakitan televisi di Portugal; pada tahun 1984, pabrik di New York; pada tahun 1985, pabrik di Tokyo; pada tahun 1987, fasilitas di Inggris; dan fasilitas lain di Austin, Texas, pada tahun 1996. Pada tahun 2012, Samsung telah menginvestasikan lebih dari US$13.000.000.000 di fasilitas Austin, yang beroperasi dengan nama Samsung Austin Semiconductor. Hal ini menjadikan lokasi Austin sebagai investasi asing terbesar di Texas dan salah satu investasi asing tunggal terbesar di Amerika Serikat.

Pada tahun 1987, Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat menemukan bahwa Samsung Group Korea Selatan secara tidak sah menjual chip komputer di Amerika Serikat tanpa lisensi dari penemu chip, Texas Instruments Inc.

1990-2000

Sejak tahun 1990, Samsung semakin mengglobalkan aktivitas dan elektroniknya; khususnya, ponsel dan semikonduktor telah menjadi sumber pendapatan terpentingnya. Pada periode inilah Samsung mulai bangkit sebagai perusahaan internasional di tahun 1990-an. Cabang konstruksi Samsung mendapatkan kontrak untuk membangun salah satu dari dua Menara Petronas di Malaysia, Taipei 101 di Taiwan, dan Burj Khalifa di Uni Emirat Arab. Pada tahun 1993, Lee Kun-hee menjual sepuluh anak perusahaan Samsung Group, merampingkan perusahaan, dan menggabungkan operasi lainnya untuk berkonsentrasi pada tiga industri: elektronik, teknik, dan bahan kimia. Pada tahun 1996, Samsung Group mengakuisisi kembali yayasan Universitas Sungkyunkwan.

Samsung menjadi produsen chip memori terbesar di dunia pada tahun 1992 dan merupakan pembuat chip terbesar kedua di dunia setelah Intel (lihat Peringkat Pangsa Pasar Semikonduktor Top 20 Dunia dari Tahun ke Tahun). Pada tahun 1995, Samsung menciptakan layar layar kristal cair pertamanya. Sepuluh tahun kemudian, Samsung tumbuh menjadi produsen panel layar kristal cair terbesar di dunia. Sony, yang belum berinvestasi dalam TFT-LCD ukuran besar, menghubungi Samsung untuk bekerja sama, dan pada tahun 2006, S-LCD didirikan sebagai perusahaan patungan antara Samsung dan Sony untuk menyediakan pasokan panel LCD yang stabil bagi kedua produsen. S-LCD dimiliki oleh Samsung (50% plus satu saham) dan Sony (50% minus satu saham) dan mengoperasikan pabrik dan fasilitasnya di Tanjung, Korea Selatan. Pada tanggal 26 Desember 2011, diumumkan bahwa Samsung telah mengakuisisi saham Sony di perusahaan patungan ini.

Dibandingkan dengan perusahaan besar Korea lainnya, Samsung selamat dari krisis keuangan Asia tahun 1997 dengan relatif tidak terluka. Namun, Samsung Motor dijual ke Renault dengan kerugian yang signifikan. Pada tahun 2010, Renault Samsung 80,1 persen dimiliki oleh Renault dan 19,9 persen dimiliki oleh Samsung. Selain itu, Samsung memproduksi berbagai pesawat terbang dari tahun 1980-an hingga 1990-an. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1999 sebagai Korea Aerospace Industries (KAI), hasil merger antara tiga divisi kedirgantaraan utama dalam negeri yaitu Samsung Aerospace, Daewoo Heavy Industries, dan Hyundai Space and Aircraft Company. Namun, Samsung masih memproduksi mesin pesawat terbang dan turbin gas..

2000-sekarang

Pada tahun 2000, Samsung membuka pusat pengembangan di Warsawa, Polandia. Pekerjaannya dimulai dengan teknologi dekoder sebelum beralih ke TV digital dan ponsel pintar. Platform ponsel cerdas dikembangkan bersama mitra, secara resmi diluncurkan dengan lini perangkat Samsung Solstice asli dan turunan lainnya pada tahun 2008, yang kemudian dikembangkan menjadi lini perangkat Samsung Galaxy termasuk Notes, Edge, dan produk lainnya.

Pada tahun 2007, mantan kepala pengacara Samsung, Kim Yong Chul, mengklaim bahwa ia terlibat dalam penyuapan dan pemalsuan bukti atas nama ketua grup, Lee Kun-hee, dan perusahaan. Kim mengatakan bahwa para pengacara Samsung melatih para eksekutif untuk menjadi kambing hitam dalam sebuah "skenario yang dibuat-buat" untuk melindungi Lee, meskipun para eksekutif tersebut tidak terlibat. Kim juga mengatakan kepada media bahwa dia "dikesampingkan" oleh Samsung setelah dia menolak untuk membayar suap sebesar 3,3 juta dolar AS kepada hakim Pengadilan Distrik Federal AS yang mengetuai kasus di mana dua eksekutif mereka dinyatakan bersalah atas tuduhan yang berkaitan dengan penetapan harga chip memori. Kim mengungkapkan bahwa perusahaan telah mengumpulkan sejumlah besar dana rahasia melalui rekening bank yang dibuka secara ilegal atas nama 1.000 eksekutif Samsung - atas namanya sendiri, empat rekening dibuka untuk mengelola 5 miliar won.

Pada tahun 2010, Samsung mengumumkan strategi pertumbuhan sepuluh tahun yang berpusat di sekitar lima bisnis. Salah satu bisnis ini akan difokuskan pada biofarmasi, yang telah berkomitmen ₩2.100.000.000.000.

Pada kuartal pertama tahun 2012, Samsung Electronics menjadi produsen ponsel terbesar di dunia berdasarkan penjualan unit, menyalip Nokia yang telah menjadi pemimpin pasar sejak tahun 1998.

Pada tanggal 24 Agustus 2012, sembilan juri Amerika Serikat memutuskan bahwa Samsung Electronics harus membayar ganti rugi kepada Apple sebesar $1,05 miliar karena melanggar enam patennya dalam teknologi ponsel pintar. Putusan tersebut masih kurang dari $2,5 miliar yang diminta oleh Apple. Keputusan tersebut juga memutuskan bahwa Apple tidak melanggar lima paten Samsung yang dikutip dalam kasus ini. Samsung mengecam keputusan tersebut dengan mengatakan bahwa langkah tersebut dapat membahayakan inovasi di sektor ini. Keputusan tersebut juga mengikuti keputusan Korea Selatan yang menyatakan bahwa kedua perusahaan tersebut bersalah karena melanggar kekayaan intelektual masing-masing. Pada perdagangan pertama setelah keputusan tersebut, saham Samsung di KOSPI turun 7. 7%, penurunan terbesar sejak 24 Oktober 2008, menjadi 1.177.000 won Korea Selatan. Apple kemudian berusaha melarang penjualan delapan ponsel Samsung (Galaxy S 4G, Galaxy S2 AT&T, Galaxy S2 Skyrocket, Galaxy S2 T-Mobile, Galaxy S2 Epic 4G, Galaxy S Showcase, Droid Charge, dan Galaxy Prevail) di Amerika Serikat, namun ditolak oleh pengadilan.

Pada tahun 2013, Komisi Perdagangan Adil Taiwan sedang menyelidiki Samsung dan biro iklan lokalnya di Taiwan atas iklan palsu. Kasus ini dimulai setelah komisi menerima keluhan yang menyatakan bahwa agensi tersebut mempekerjakan siswa untuk menyerang pesaing Samsung Electronics di forum online. Samsung Taiwan membuat pengumuman di halaman Facebook-nya yang menyatakan bahwa mereka tidak mencampuri laporan evaluasi apa pun dan telah menghentikan kampanye pemasaran online yang merupakan posting atau menanggapi konten di forum online.

Pada tahun 2015, Samsung telah mendapatkan lebih banyak paten A.S. dibandingkan perusahaan lainnya. Perusahaan ini menerima 7.679 paten utilitas hingga 11 Desember.

Ponsel pintar Galaxy Note 7 mulai dijual pada 19 Agustus 2016. Namun, pada awal September 2016, Samsung menangguhkan penjualan ponsel tersebut dan mengumumkan penarikan secara informal. Hal ini terjadi setelah beberapa unit ponsel memiliki baterai dengan cacat yang menyebabkan mereka menghasilkan panas yang berlebihan, yang menyebabkan kebakaran dan ledakan. Samsung mengganti unit ponsel yang ditarik dengan versi baru; namun, kemudian diketahui bahwa versi baru Galaxy Note 7 juga memiliki cacat baterai. Samsung menarik kembali semua ponsel Galaxy Note 7 di seluruh dunia pada tanggal 10 Oktober 2016, dan secara permanen menghentikan produksi ponsel tersebut pada hari berikutnya.

Pada tahun 2018, Samsung meluncurkan fasilitas manufaktur ponsel terbesar di dunia di Noida, India, dengan tamu kehormatan termasuk Perdana Menteri India Narendra Modi.

Pada tahun 2023, Samsung mengumumkan keputusannya untuk mengurangi produksi chip memori. Tindakan ini disebabkan oleh proyeksi penurunan laba operasional kuartalan sebesar 96% - dari 14 triliun won pada tahun 2022 menjadi 600 miliar won pada tahun 2023. Penurunan tersebut dapat dikaitkan dengan lemahnya permintaan setelah COVID dan perlambatan ekonomi global. Terlepas dari keputusan ini, saham perusahaan meningkat lebih dari 4%.

Disadur dari: en.wikipedia.org