Profil Astra International

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

25 April 2024, 09.05

Sumber: Wikipedia

Astra International adalah perusahaan konglomerat Indonesia yang dikendalikan oleh Jardine Matheson. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1957 oleh Tjia Kian Tie dan Liem Pen Hong dengan nama PT Astra International Incorporated.

Perusahaan ini merupakan grup otomotif independen terbesar di Asia Tenggara. Beroperasi terutama di Indonesia, Astra merupakan penyedia berbagai macam produk mobil dan sepeda motor melalui kemitraan dengan perusahaan-perusahaan seperti Toyota, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks, Peugeot, dan BMW untuk mobil, dan Honda untuk sepeda motor. Astra juga memiliki kehadiran yang kuat di sektor komponen otomotif melalui anak perusahaannya PT Astra Otoparts Tbk.

Selain itu, Astra juga memiliki bisnis di bidang jasa keuangan; alat berat dan pertambangan; agribisnis; infrastruktur dan logistik; serta teknologi informasi. Di bidang jasa keuangan, bisnis Astra menyediakan produk dan jasa keuangan untuk mendukung penjualan otomotif dan alat berat. Grup ini juga terlibat dalam perbankan ritel melalui kepemilikan saham di PT Bank Permata Tbk hingga akhir tahun 2010. Pada tahun 2019, Astra menginvestasikan US$150 juta untuk layanan on-demand berbasis aplikasi Gojek.

Bisnis saat ini

Otomotif

  • Toyota dan Lexus, melalui PT Toyota-Astra Motor sebagai agen tunggal, importir dan distributor, merupakan perusahaan patungan 50-50 dengan Toyota Motor Corporation. Grup ini juga memiliki 5% saham (95% dimiliki oleh Toyota Motor Corporation) di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, yang memiliki 5 fasilitas manufaktur.

  • Daihatsu, melalui PT Astra Daihatsu Motor, yang mendistribusikan dan memiliki fasilitas manufaktur, merupakan perusahaan patungan antara Astra International, Daihatsu Motor Co, dan Toyota Tsusho. Fasilitas ini juga memproduksi merek-merek Toyota.

  • Isuzu, melalui PT Isuzu Astra Motor Indonesia, perusahaan patungan antara PT Arya Kharisma (yang sepenuhnya dimiliki oleh Astra International) dan Isuzu Motors, sebagai agen tunggal pemegang merek kendaraan, komponen, aksesoris, dan suku cadang.

  • UD Trucks, melalui UD Astra Motor Indonesia sebagai agen tunggal.

  • Scania, melalui United Tractors sebagai agen tunggal.

  • Peugeot, yang meliputi distribusi dan purna jual.

  • BMW dan MINI, sebagai salah satu dealer dan pemasaran. Astra International menyediakan perakitan kendaraan BMW melalui PT Gaya Motor.

  • Sepeda motor Honda melalui PT Astra Honda Motor, perusahaan patungan dengan Honda Motor Co. untuk memproduksi sepeda motor Honda untuk pasar Indonesia dan negara-negara ekspor, serta sebagai salah satu dealer di Indonesia.

Disadur dari: en.wikipedia.org