Pilih Mana, Bangun Rumah dengan Atap Miring atau Datar?

Dipublikasikan oleh Merlin Reineta

03 Maret 2022, 22.16

google.com

Semakin maju dan berkembangnya dunia arsitektur, membuat bentuk bangunan rumah menjadi sangat bervariasi. Misalnya bentuk atap rumah. Dulu, kebanyakan atap rumah di Indonesia berbentuk miring. Saat ini, rumah-rumah modern sudah banyak yang menggunakan atap datar. Perbedaan bentuk atap ini dapat memberikan perubahan signifikan terhadap tampilan rumah dan bentuk bangunan secara keseluruhan.  

Simak Kelebihan dan Kekurangannya Karena itu sebelum membangun rumah, berikut yang harus Anda ketahui tentang kelebihan atap rumah miring dan datar: 

  • Atap miring

Wakil Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI) Bambang Eka Jaya mengatakan bentuk atap miring sebenarnya sangat cocok untuk iklim tropis seperti di Indonesia.

Atap miring berfungsi sebagai penahan dan dapat mengurangi hawa panas masuk ke dalam ruangan. Sehingga membuat suhu di dalam ruangan jadi tetap sejuk.

"Atap miring itu cocok untuk iklim tropis, atap miring ini biasanya disebut juga tipe perisai atau pelana. Salah satu manfaat atau fungsinya itu bisa menahan dan mengurangi panas yang masuk ke dalam ruangan," kata Bambang saat dihubungi Kompas.com, Rabu (02/02/2022).

Material yang biasa digunakan untuk atap miring yaitu kayu, baja ringan dan genteng. Dengan material tersebut, membuat beban atap rumah jauh lebih ringan. Bentuk atap miring juga memungkinkan air hujan yang jatuh ke atap akan mengalir dengan cepat dan mudah ke bawah. Dengan begitu air tidak menumpuk di atap sehingga berisiko bocor hingga ke dalam ruangan.

  • Atap datar

Sementara itu, atap datar memiliki kesan tampilan yang modern dan kekinian. Biasanya atap berbentuk datar terbuat dari material beton bertulang atau dak beton. Material ini jauh lebih tebal dari pada material yang digunakan untuk atap miring seperti kayu dan genteng. Menurut Bambang, salah satu manfaat dari atap datar yaitu permukaannya yang dapat dijadikan sebagai ruang tambahan.
Misalnya untuk rooftop, gazebo, taman, service area atau tempat untuk menaruh utilitas seperti mesin AC, tangki air dan yang lainnya.

Dari sisi perawatan, atap datar jauh lebih mudah dan efisien dilakukan dibanding dengan atap miring. Hanya, pengerjaan atap datar harus dilakukan secara cermat dan hati-hati. Masalahnya, jika atap datar dibuat secara asal justru akan berisiko terjadi kebocoran di kemudian hari sehingga perawatannya akan memakan biaya yang jauh lebih besar dari atap rumah miring.

"Atap datar lebih efisien dan mudah untuk dirawat dan dibersihkan karena layaknya membersihkan lantai rumah. Tapi kalau pengerjaan awalnya tidak bagus, bakal terjadi kebocoran jadi sulit mengatasinya," tuntas Bambang.

Sumber Artikel: Kompas.com