Pertumbuhan Populasi Manusia: Tantangan dan Dampaknya terhadap Lingkungan

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

20 Maret 2024, 10.08

Sumber: id.wikipedia.org

Pertumbuhan penduduk adalah pertambahan jumlah penduduk dalam suatu penduduk atau kelompok yang tersebar. Faktanya, pertumbuhan penduduk dunia sekitar 83 juta orang per tahun atau 1,1% per tahun. Populasi dunia tumbuh dari 1 miliar pada tahun 1800 menjadi 7,9 miliar pada tahun 2020. Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan bahwa populasi akan terus bertambah, dengan total 8,6 miliar pada pertengahan tahun 2030 dan 9,8 miliar pada pertengahan tahun 2050, atau 11.000 jiwa. 2 Namun, beberapa ahli di luar PBB semakin mengembangkan model kependudukan yang berfokus pada tekanan lain terhadap pertumbuhan penduduk. Dalam skenario ini, jumlah penduduk akan mencapai maksimum sebelum tahun 2100. Beberapa orang berpendapat bahwa sebagian besar proyeksi populasi saat ini meremehkan pertumbuhan populasi.

Populasi dunia terus bertambah sejak berakhirnya Kematian Hitam sekitar tahun 1350. .Kemajuan dalam mengurangi angka kematian, seiring dengan kemajuan teknologi yang telah meningkatkan produktivitas pertanian, sanitasi, dan kesehatan perawatan, peningkatan populasi. Di beberapa kawasan, pertumbuhan ini diperlambat oleh proses yang disebut transisi populasi, dan banyak negara dengan standar hidup yang meningkat mengalami penurunan tajam dalam pertumbuhan populasi. Hal ini berbeda dengan negara-negara kurang berkembang yang pertumbuhan penduduknya terus berlanjut. Di tingkat global, pertumbuhan penduduk mengalami penurunan sejak tahun 1963 yang mencapai 2,2% per tahun. Populasi dunia akan meningkat pada pertengahan abad ke-21 dan menurun pada tahun 2100.

Pertumbuhan populasi yang dibarengi dengan peningkatan konsumsi akan menyebabkan penggunaan sumber daya alam secara berlebihan. , dan akan menghadapi masalah lingkungan seperti hilangnya keanekaragaman hayati dan perubahan iklim. kejadian Sumber daya untuk pembangunan manusia. Kebijakan global yang berfokus pada pengurangan dampak pertumbuhan populasi berfokus pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yang bertujuan untuk meningkatkan standar hidup global dan meningkatkan kehidupan masyarakat serta mengurangi dampak masyarakat terhadap lingkungan. populasi dari tahun 1800 hingga 2100 dan berbagai perkiraan populasi di masa depan setelah tahun 2020 berdasarkan skenario "tinggi" dan "rendah". Data perkiraan PBB untuk tahun 2019.

Populasi dunia telah meningkat sejak berakhirnya Kematian Hitam pada tahun 1350. Selama Revolusi Industri, populasi dunia Barat meningkat pesat. Populasi dunia telah meningkat sejak tahun 1950-an karena kemajuan dalam bidang kedokteran dan produktivitas pertanian.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org