Pertama di Indonesia, Polibatam Buka Program Profesi Insinyur

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

22 April 2024, 08.56

Sumber: Pexels.com

Diamanahi  Kepmendikbudristek Menyelenggarakan PSPPI

batampos – Polibatam Negeri Batam (Polibatam) sukses menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Vokasi pertama di Program Studi (Prodi) Program Profesi Insinyur (PSPPI), selain itu PSPPI Polibatam juga menjadi Prodi Pasca Sarjana pertama di Polibatam.

Kabar baik ini sesuai Kepmendikbudristek No. 501EO 2022 Polibatam ditandatangani Plt Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Tjitjik Srie Tjahjandarie tertanggal 13 Juli 2022.

Direktur Polibatam, Uuf Brajawidagda ST MT Ph.D menyebutkan, berdasarkan Kepmendikbudristek tersebut, Polibatam pada semester Ganjil 2022/2023 sudah dapat  membuka pendidikan profesi insinyur‘’Polibatam adalah PTN Vokasi pertama mendapatkan amanah ini,’’ papar Uuf.

Ditambahkan Ketua Program Studi (KPS) PSPPI Polibatam, Ir Rahman Hakim ST MSc IPM ASEAN Eng, sesuai UU No 11 tahun 2014 dan PP No. 25 tahun 2019, lulusan sarjana teknik belum boleh praktik keinsinyuran sebelum mendapakan Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI). Praktik keinsinyuran di sini mempunyai makna luas, di antaranya mengerjakan program proyek/ tender hingga program pendidikan teknik baik pada sektor pemerintah maupun swasta. Saat ini terdapat 27 Badan Kejuruan (BK) Teknik dalam naungan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang berhak mendapatkan STRI. Salah satu cara memperoleh STRI itu melalui pendidikan (kuliah, red) di PSPPI dan telah dinyatakan lulus sertifikasi Insinyur Profesional (IPP/ IPM/ IPU).

Untuk menjalankan amanah UU No. 11 Tahun 2014 pasal 10 ayat 1 dan 2, Polibatam mengimbau para engineer di Kepri bekerja secara legal ber-STRI. Dengan mempunyai STRI, mereka berhak mendapatkan advokasi hukum hingga terbebas dari ancaman sanksi pidana sebagaimana tercantum pada pasal 50 ayat 1 dan 2 hakim menyebutkan, amanah penyelenggaran PSPPI inilah yang menjadi prestasi Polibatam di semester pertama tahun 2022 ini.

Sebagai contoh pada saat ini, beberapa kementerian bergerak bidang keinsinyuran secara bertahap mulai menginstruksikan seluruh jajarannya yang mempunyai latar belakang pendidikan keinsinyuran wajib memiliki STRI. Salah satunya adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Semoga kementerian maupun instansi yang bergerak di bidang keinsinyuran lain, juga turut serta mewajibkan maupun mensosialisasikan penerapan STRI dalam pekerjaannya.

PSPPI Polibatam diselenggarakan melalui dua skema, kelas reguler dan kelas Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).  Kurikulum PSPPI pada umumnya terdiri dari total 24 SKS (6 Mata Kuliah), baik kelas reguler maupun RPL. Kelas RPL diselenggarakan selama 1 semester (6 bulan) dan kelas reguler dilaksanakan selama 2 semester (1 tahun).  Kedua kelas tersebut diselenggarakan setelah proses seleksi administrasi yang dilakukan oleh Polibatam. Seleksi administrasi tersebut ditekankan pada ijazah dan lamanya pengalaman kerja dibidang keteknikan. Lebih lanjut lagi, setelah lulus dari PSPPI Polibatam, mahasiswa berhak menyandang gelar insinyur (Ir/Eng).

Pendaftaran dibuka mulai 20 Juli 2022 hingga 12 Agustus 2022. Sedangkan untuk kelas perdananya, direncanakan dibuka 22 Agustus 2022. Informasi lebih jelasnya, silakan mengakses link https://registrasi.polibatam.ac.id/.

Sumber: metropolis.batampos.co.id