Perkuat Pertahanan Laut: TNI AL Peroleh Dua Fregat Arrowhead 140 Terbaru dari Produksi PT PAL

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

12 Maret 2024, 08.49

Sumber: kompas.com

LONDON, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan (Menhan) India Prabowo Subianto dan Duta Besar Indonesia untuk Inggris Desra Believe menghadiri pameran industri pertahanan terbesar di Inggris pada Kamis (16 September 2021).

Dari tanggal 14 hingga 17 September, sebuah pameran bertajuk DSEI (Peralatan Pertahanan dan Keamanan Internasional) diadakan di ExCel London.

Saat Prabowo dan delegasi Indonesia tiba di DSEI, mereka disambut oleh Richard Graham, Direktur Organisasi Keamanan dan Pertahanan Perdagangan Internasional (DIT DSO) dan Anggota Parlemen Inggris. Di lokasi Delegasi Indonesia Dirjen PT PAL Kaharuddin Djenod dihadiri banyak pimpinan dan pejabat Kementerian Pertahanan India. Djenod menandatangani perjanjian komersial antara PT PAL dan Babcock International untuk pembelian 31 fregat Arrowhead 140 untuk TNI Angkatan Laut.

Menurut Kompas.com, penandatanganan sebelumnya dilakukan di kapal perang Inggris HMS Argyll. Berdasarkan perjanjian ini, Indonesia akan menerima lisensi desain kapal. PT PAL akan membangun dua kapal untuk TNI Angkatan Laut. Prabowo dan Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace menyaksikan penandatanganan perjanjian tersebut.

Sementara itu, Prabowo mengunjungi stand alutsista dan bertemu dengan para pemimpin bisnis industri pertahanan di pameran tersebut. Perusahaan-perusahaan ini adalah produsen industri pertahanan dan telah digunakan oleh angkatan bersenjata di banyak negara.

Disadur dari :https://www.kompas.com/global/read/2021/09/20/113111770/tni-al-bakal-punya-dua-fregat-arrowhead-140-baru-dibangun-pt-pal