Perkembangan dan Prestasi Universitas Bangka Belitung: Profil Rektor, Jumlah Mahasiswa, dan Rencana Strategis Masa Depan

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

13 Maret 2024, 13.41

Sumber: id.wikipedia.org

Universitas Bangka Belitung (disingkat UBB) adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. Rektor UBB saat ini adalah Prof. Dr. Ibrahim, S.Fil., M.Si. Dimana pada tanggal 25 Januari 2023, Prof. Dr. Ibrahim, S.Fil., M.Si. dikukuhkan menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung.

Rektor merupakan pimpinan lembaga perguruan tinggi, sebagaimana Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2009, Rektor adalah pimpinan tertinggi perguruan tinggi yang berkewajiban memajukan ilmu pengetahuan di masing-masing institusi melalui pendidikan dan penelitian, serta memberikan kontribusi maksimal kepada hal layak luas.

Pada tahun 1950-an dipakai istilah Presiden Universitas untuk menyebut Rektor pemimpin universitas namun Presiden Indonesia saat itu, Soekarno, merasa keberatan karena menurutnya hanya ada satu Presiden di Indonesia, yakni Presiden RI sehingga kemudian istilah yang dipakai secara umum adalah Rektor.

Jumlah mahasiswa yang menuntut ilmu di UBB sampai tahun ajaran 2013/2014 berjumlah lebih dari 3000 orang. Kampus UBB terletak di Kawasan Balun Ijuk, Merawang Kabupaten Bangka yang terdiri dari Fakultas Teknik (FT), Fakultas Hukum (FH) , Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ekonomi (FE) serta Fakultas Pertanian , Perikanan dan Biologi (FPPB).

UBB didukung 153 tenaga pengajar (dosen), sekitar 25% diantaranya berpendidikan S3. Mereka merupakan lulusan universitas-universitas besar di dalam dan luar negeri, antara lain Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Belanda, Inggris, dan Australia. Jumlah pegawai UBB termasuk pegawai mencapai 274 orang pada tahun 2007. Selain itu, rencana strategis ke depan antara lain penerapan Good University Management dan penerapan sistem penjaminan mutu pendidikan di seluruh fakultas. dan nantinya rumah ini rencananya akan dibangun di kawasan Balun Ijuk Merawang.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org