Perjalanan Sejarah Universitas Jambi: Dari Akademi Perniagaan Djambi Hingga Menjadi Pusat Pendidikan Unggul

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

13 Maret 2024, 13.31

Sumber: id.wikipedia.org

Universitas Jambi (UNJA) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Provinsi Jambi, Indonesia. Dibentuk pada tanggal 23 Maret 1963, Komisi Tetapnya adalah Kolonel. M. Joesoef Singedekane adalah presidennya, dan baru-baru ini Panitera pertamanya, Prof. dokter waktu Kemas Mohamad Saleh pada tahun 1977. Direktur saat ini adalah Prof. dokter Helmi, S.H., M.H.

Pada tahun 1960, Akademi Bisnis Djambi didirikan di bawah Departemen Pendidikan Tinggi di Djambi. Yayasan ini didirikan atas inisiatif tokoh masyarakat dan pemerintah Jambi saat itu, dan diketuai oleh R. Sudarsono yang saat itu menjabat Walikota Jambi. Pada tahun 1961 pula Akademi Manajemen Jambi berganti nama menjadi “Fakultas Ekonomi” dan didirikanlah Fakultas Hukum yang keduanya tergabung dengan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Berdasarkan keberadaan kedua wakil tersebut, tokoh masyarakat dan pemerintah Jambi memperjuangkan berdirinya universitas ketiga di Jambi melalui Panitia Persiapan Pendirian Universitas Negeri Jambi. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 105 tanggal 15 Agustus 1962 dibentuk Panitia Persiapan Pendirian Universitas Jambi. Presiden komisi ini adalah M.J. Shingedekane yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Provinsi Jambi.

Sebagai hasil kerja panitia tersebut, Universitas Negeri Jambi didirikan pada tanggal 1 April 1963, berdasarkan Keputusan Menteri dan PTIP No. 25 Tahun 1963. pada tanggal 23 Maret 1963 Dikonfirmasi. Pendirian Panitia Pendirian Universitas Negeri Jambi mendirikan dua lembaga baru, yaitu Jurusan Pertanian dan Jurusan Peternakan, dan ketika diresmikan pada tanggal 1 April 1963, empat perguruan tinggi Universitas Negeri Jambi yaitu Jurusan Ekonomi. ; Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan. Sejak saat itu, tanggal 1 April dijadikan sebagai hari peringatan universitas tersebut.

Pada tahun 1966, diterbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 148 yang memutuskan untuk mendirikan universitas tersebut dengan nama Universitas Jambi. . Namun karena beberapa hal keputusan Presiden tersebut tidak sampai ke Jambi, sehingga universitas tersebut bertahun-tahun dikenal dengan Universitas Negeri Jambi hingga keluarnya Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 1982. SK Menteri PTIP Nomor 25 Tahun 1963 mendirikan Negara Jambi . Universitas dan menunjuk komite tetap untuk membina universitas yaitu M.J. Singedekane merupakan Gubernur Jambi yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Panitia Penataan. Masa kepemimpinan universitas, dengan sistem komite tetap, adalah dari tahun 1963 hingga 1977. Sistem ini diakhiri dengan berdirinya Ph.D. Kemas Mohamad Saleh diangkat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org