Perjalanan Sejarah dan Prestasi Terkini: IPB University sebagai Pusat Inovasi Unggul di Indonesia

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

28 Maret 2024, 13.38

Sumber: id.wikipedia.org

Institut Pertanian Bogor (nama Inggris: IPB University, dahulu Institut Pertanian Bogor; Institut Pertanian Indonesia), 1963, dipisahkan dari IPB Universitas Indonesia, akan menjadi Lembaga Penelitian Pertanian. Pada tanggal 7 November 2017, Balai Penelitian Pertanian Bogor (IPB) mendapatkan status sertifikasi (sangat baik) berdasarkan hasil Sidang Umum Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN). -PT). Berdasarkan hasil penilaian Pusat Inovasi Bisnis Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, IPB Universitas Indonesia meraih inovasi tertinggi dalam sepuluh tahun terakhir (39,71%). 2008 hingga 2018. . Hal ini terkait dengan keberhasilan IPB dalam menghasilkan inovasi-inovasi berkualitas nasional dan internasional. Pada tahun 2020, IPB berhasil menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebelum diluncurkan pada tahun 1963, IPB merupakan Institut Pertanian Universitas Indonesia. 1 September 1963. Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno meletakkan batu pertama pembangunan universitas tersebut dan mendirikan Institut Pertanian Bogor sebagai universitas swasta.

Institut Pertanian Bogor dulunya merupakan gedung sekolah menengah pertama dan atas. Institut Pertanian dan Peternakan lahir di Bogor pada awal abad ke-20. IPB saat ini berlokasi di Jalan Raya Dramaga, Takiwa Dramaga, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Sebelum Perang Dunia II, sekolah menengah ini dikenal Middelbare Landbouwschool Buitenzorg (Sekolah Menengah Atas Pertanian), Middelbare Bosbouwschool Buitenzorg (Sekolah Menengah Kehutanan) dan Nederlandsch Indische Veeartsenschool (Sekolah Kedokteran Hewan Hindia Belanda).

Pada tanggal 1 September 1963 ditandatangani Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) no. Surat Keputusan Nomor 92 Tahun 1963 92 telah disetujui oleh Presiden pertama Republik Indonesia. 279/1965. Kedua universitas di Bogor yang saat itu disponsori oleh UI mengembangkan lima disiplin ilmu: Pertanian, Peternakan, Perikanan, Peternakan, dan Kehutanan. Pada tahun 1964 berdirilah Departemen Teknik Pertanian dan Teknik Mesin yang sekarang menjadi Departemen Teknik Pertanian.

Pada tahun 1980, IPB membangun laboratorium besar seluas 200 hektar di Ilnuris. , Bukit Daham, Singol Singasari . Saat ini lahan tersebut terbagi menjadi dua bagian yakni 169 hektare untuk UP3J tanggungan Dinas Peternakan sesuai Surat Keputusan Direktorat Pendidikan Nomor 11.020/Um/1993 dan taman pendidikan seluas 70 hektare. dikelola oleh Fakultas Pertanian. Kawasan ini seringkali menjadi sarana penunjang pendidikan, penelitian, pekerjaan sosial dan komunikasi dalam pekerjaan penggembalaan atau pertanian.

Pada tanggal 26 Desember 2000, Pemerintah Indonesia menetapkan PP no. 152. Sejak saat itu, IPB menjadi perguruan tinggi yang dikelola pemerintah (BHMN).

Pada tahun 2005, IPB menerapkan sistem skala kecil untuk menggantikan sistem kurikulum nasional. . Sistem ini hanya diterapkan di IPB. Setiap mahasiswa IPB dapat mengambil dua jurusan atau lebih.

Pada pertengahan tahun 2019, nama IPB Bahasa Inggris akan berubah dari Institut Pertanian Bogor menjadi IPB University. sebagai sumber ilmu pengetahuan dan teknologi, akan terus mengembangkan, menumbuhkan dan mengamalkan Tridharma pada perguruan tinggi yang berbasis Pancasila. Logo IPB terdiri dari tulisan “LEMBAGA PERTANIAN BOGOR”, sebuah pohon berdaun lima dengan buku terbuka di bawahnya, semuanya berwarna putih dengan latar belakang biru. Warna utama biru menandakan IPB merupakan kelompok keilmuan. Gaya buku terbuka merepresentasikan IPB sebagai sumber ilmu pengetahuan. Bentuknya yang melingkar menandakan bahwa pengetahuan tidak ada batasnya dan terus berkembang dan meningkat. Tiga cabang yang tampak dalam buku tersebut melambangkan Trinitas Pendidikan Tinggi. Lima poin pada lembar tersebut mewakili lima keterampilan utama pada saat IPB berdiri dan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Pancasila.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org