Perjalanan Publik: Ragam Moda Transportasi dan Perbedaannya di Berbagai Belahan Dunia

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

04 April 2024, 13.00

Sumber: id.wikipedia.com

Transportasi umum atau pengangkutan umum adalah layanan angkutan penumpang yang tersedia untuk digunakan oleh masyarakat umum. Layanan ini biasanya diatur dengan jadwal tetap, mengikuti rute tertentu, dan membebankan biaya perjalanan kepada penumpang.

Jenis-jenis Transportasi Umum

Moda transportasi umum meliputi bus kota, trem atau kereta api ringan, kereta api, kereta cepat seperti metro atau subway, serta kapal feri. Untuk perjalanan antar kota, moda transportasi umum yang umum digunakan adalah pesawat, bus antarkota, kereta api, dan kereta antarkota. Beberapa negara juga sedang mengembangkan jaringan kereta berkecepatan tinggi. Selain itu, ada juga layanan taksi berbagi yang beroperasi berdasarkan permintaan.

Perbedaan Transportasi Umum di Berbagai Benua

Sistem transportasi umum di Asia, Amerika Utara, dan Eropa memiliki perbedaan yang signifikan. Di Asia, transportasi massal sering kali dikelola oleh perusahaan swasta yang berorientasi pada keuntungan. Konglomerat lahan yasan juga berperan besar dalam mengoperasikan sistem angkutan umum di beberapa negara. Di Amerika Utara, otoritas angkutan kota biasanya bertanggung jawab atas operasional transportasi massal. Sedangkan di Eropa, sistem transportasi massal didominasi oleh perusahaan swasta maupun milik negara. Layanan transportasi umum di Eropa dapat beroperasi dengan mencari keuntungan berdasarkan tarif jarak atau menerima subsidi dari pemerintah dengan menerapkan tarif tetap kepada setiap penumpang.

Manfaat Transportasi Umum

Transportasi umum memiliki manfaat yang signifikan bagi masyarakat. Dengan adanya layanan ini, masyarakat dapat dengan mudah bergerak dari satu tempat ke tempat lain tanpa harus memiliki kendaraan pribadi. Hal ini membantu mengurangi kemacetan lalu lintas, emisi gas rumah kaca, dan tekanan terhadap infrastruktur jalan raya. Selain itu, transportasi umum juga memberikan aksesibilitas yang lebih baik bagi orang yang tidak dapat mengemudi atau tidak memiliki kendaraan pribadi.

Pengembangan Sistem Transportasi Umum

Banyak negara dan kota di seluruh dunia sedang mengembangkan sistem transportasi umum mereka agar lebih efisien, ramah lingkungan, dan terjangkau. Peningkatan infrastruktur, penggunaan teknologi modern, dan integrasi antarmoda menjadi fokus utama dalam pengembangan transportasi umum. Tujuannya adalah memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup di perkotaan.

Tantangan dalam Transportasi Umum

Meskipun transportasi umum memiliki banyak manfaat, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi. Salah satunya adalah pembiayaan yang memadai untuk operasional dan pengembangan infrastruktur transportasi umum. Selain itu, perlu juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat menggunakan transportasi umum serta meningkatkan kualitas layanan agar lebih menarik bagi pengguna potensial.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.com