Perjalanan Gemilang: Sejarah Pendirian dan Pengembangan Universitas Syiah Kuala

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

13 Maret 2024, 13.30

Sumber: id.wikipedia.org

Universitas Syiah Kuala (USK), sebelumnya dikenal sebagai Unsyiah, didirikan pada 2 September 1961 di Banda Aceh, Indonesia, sebagai hasil dari keinginan rakyat Aceh untuk memiliki lembaga pendidikan tinggi negeri. Pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, Aceh menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan yang terkenal, menarik mahasiswa dan staf pengajar dari berbagai penjuru dunia.

Pada tahun 1957, dengan pembentukan Provinsi Aceh, terbentuklah Yayasan Dana Kesejahteraan Aceh (YDKA) pada tahun 1958 dengan tujuan pembangunan dalam bidang rohani dan jasmani. YDKA membentuk Komisi Perencana dan Pencipta Kota Pelajar/Mahasiswa, yang menjadi modal utama pembangunan perkampungan pelajar/mahasiswa. Darussalam menjadi nama kota pelajar, dan Syiah Kuala menjadi nama universitas yang didirikan.

Pada tanggal 2 September 1959, Presiden Soekarno meresmikan Kota Pelajar Mahasiswa Darussalam dan membuka Fakultas Ekonomi sebagai bagian dari Universitas Syiah Kuala. Ini menandai Hari Pendidikan Daerah Aceh yang diperingati setiap tahun. Universitas ini tumbuh dengan penambahan fakultas, seperti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, Fakultas Teknik, dan lainnya.

Pengembangan Universitas Syiah Kuala berlanjut dengan pendirian berbagai fakultas dan program, termasuk program pasca sarjana. Pada tahun 1998/1999, Universitas Syiah Kuala mulai menerima mahasiswa baru untuk Program Doktor dalam bidang ilmu ekonomi. USK menjadi pusat pendidikan unggulan di Pulau Sumatera dan memainkan peran penting dalam kebangkitan pendidikan di Aceh.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org